#MemesonaItu Sabar, Lemah Lembut dan Memiliki Cinta

by Anggita / 07 April 2017
Wanita, 1 kata tetapi mempunyai banyak arti. Wanita diciptakan dari tulang rusuk pria, yang seharusnya menjadi pendamping. Akan tetapi tidak jarang saat ini peran wanita sebagai tulang punggung keluarga. Tidak hanya sekedar cantik, lebih lagi wanita mempunyai sisi tangguh. Dari dalam diri wanita, ada pesona yang dipancarkan yang menjadikannya indah. Bagi saya #MemesonaItu adalah ketika wanita dalam segala keadaan, baik bahkan buruk sekalipun mampu menghasilkan rasa dari dalam dirinya. Rasa manis yang dinikmati banyak orang.


Sabar salah satu rasa manis yang dihasilkan wanita memesona.Tidak ada kursus untuk menjadi sabar, sabar tercipta ketika wanita mampu menguasai diri dalam segala hal. Sulit, memang hal yang sulit untuk menjadi sabar. Sebagai seorang wanita sampai sejauh ini saya pun terus belajar. Media sosial saat ini menjerumuskan wanita untuk tidak mampu menguasai diri. Masalah yang terjadi dilimpahkan semua ke dalam status media sosial. Tentu, ini akan menjadi perhatian banyak orang. Wanita memesona harus cukup bijak menyimpan masalah. Dalam keseharian yang saat ini saya alami adalah mempunyai rekan kerja yang terkadang tidak seperti yang saya harapkan. Saya tidak bisa memaksakan, yang harus saya lakukan adalah belajar menerima dan tidak mudah terpancing emosi. Seringkali saya tidak bisa menguasai diri, hal bodoh yang saya lakukan adalah mengeluh dan berkata kasar hingga meluapkan ke dalam status, walaupun hal itu tidak saya tunjukkan secara langsung kepada teman. Akan tetapi, saya pun menyadari bahwa semakin hari saya hanya menciptakan kerutan di wajah. Entah dengan polesan make up sekalipun, kerutan itu akan tersirat ketika saya marah. Butuh latihan setiap saat untuk menjadi sabar, semakin ke sini saya semakin bersyukur untuk masalah yang saya hadapi. Selain membuat hidup saya lebih berwarna, tentu saya melatih diri untuk terus menjadi sabar.


Ketika wanita sabar tentu saja wanita juga harus lemah lembut. Lemah lembut bukan dalam hal menari seperti gerakan tarian gambyong. Lemah lembut juga tidak diartikan dengan kelemahan. Bahkan wanita adalah makhluk yang kuat. Wanitalah yang harus mengandung, melahirkan, menyusui, hal-hal yang harus berperang dengan nyawa. Berbicara tentang lemah lembut lebih lagi diartikan dalam bentuk tutur kata dan sikap. Ketika marah, tentu wanita akan mengeluarkan kata-kata pedas yang dapat menyakiti hati orang lain. Untuk itulah diperlukan kelemahlembutan, sikap sopan yang tidak menunjukkan perlawanan. Akhir-akhir ini banyak sekali kasus perceraian, suami menceraikan istri. Alasan yang paling sering membuat suami menceraikan istrinya dikarenakan sikap istri yang kasar, tidak tunduk, dan selalu menunjukkan perlawanan. Alangkah baiknya jika seorang wanita bersikap lemah lembut. Hati boleh panas, kepala harus tetap dingin.


Hal terutama yang dibutuhkan wanita memesona adalah memiliki cinta. Cinta yang tak bersyarat dan tidak mementingkan diri sendiri. Apapun status dan kedudukannya, wanita harus mencintai tanpa membedakan. Jangan sampai ego membuat wanita kehilangan cinta. Perlakuan yang sudah tidak asing dialami wanita adalah disakiti. Saat disakitilah, wanita harus tetap memiliki cinta, dapat terus menari di atas goresan luka sampai cinta kepada seseorang yang menyakiti hatinya. Bukah hal mudah memaafkan apalagi harus mencintai, dibutuhkan kebesaran hati untuk mencintai. Akan tetapi, itulah yang menjadikan wanita semakin memesona. Mengatakan 'I love you' saja tidak cukup, harus dalam bentuk tindakan nyata. Belajar mencintai saya dapatkan dari anak-anak. Mereka mencintai dengan ketulusan dan tanpa kepura-puraan. Mereka tidak menyimpan kesalahan temannya. Apa adanya, begitulah anak-anak.


Hari lepas hari, saya terus belajar untuk jadi memesona. Bagi saya, wanita hebat yang selalu memesona adalah Ibu. Dia begitu sederhana dan menginspirasi kehidupan saya. Dia mengajarkan lewat pengalaman hidup, masalah yang terjadi, saya harus terus mempercantik diri baik itu dengan sabar, lemah lembut dan memiliki cinta. Saya percaya memesona tidak akan terjadi dalam waktu singkat, butuh proses panjang dan perjuangan bahkan hingga meneteskan air mata.