Wanita Memesona Itu Yang Senantiasa Menjaga Alamnya

by DWI ERNAWATI / 06 April 2017

Tampil memesona, wanita mana yang tidak ingin? Namun, penampilan wanita di Indonesia (secara fisik) kerap kali menjadi tolok ukur penilaian orang lain. Sehingga banyak wanita yang ingin tampil sempurna, meski hanya untuk mendapat penilaian lebih dari siapapun termasuk suami atau kekasih, tuntutan kerja, atau motivasi lain yang membuat para wanita ingin terlihat semakin cantik. Baik ibu rumah tangga atau para gadis, hingga mereka begitu konsumtif terhadap produk perawatan diri dan kecantikan. Hingga secara tidak langsung wanita adalah penyumbang konsumsi sampah lebih besar daripada laki-laki. 

Sampah merupakan efek samping dari budaya konsumsi kita yang semakin menjadi. Bisa jadi sampah yang menyebabkab banjir dikota-kota besar adalah sampah yang kita buang. Karena faktanya selain perempuan menyumbang sebagian besar sampah, termasuk sampah rumah tangga, apakah sudah benar-benar tepat sampah itu dibuang? Jika memang sudah benar, bagaimana dengan ribuan sampah plastik yang mengotori sungai-sunga besar dinegara kita berada? Ini bahkan bukan hanya fenomena yang terjadi di kota saja. Desa sekalipun yang masih banyak tumbuhan nan hijau, para emak-emaknya juga seenaknya saja membuang sampah ke sungai. Padahal sungai itu masih dimanfaatkan untuk irigasi, perikanan, bahkan untuk keperluan mck oleh penduduk di pepanjang sungai. 

Saat ini faktanya Indonesia adalah salah satu negara penghasil sampah terbesar dunia. Bahkan bukankan dampaknya sudah ada saat ini? Turunnya hasil panen di daerah-daerah pertanian akibat rendahnya unsur hara tanah. Tanah yang dulunya subur kemudian penuh dengan palstik yang dibuang begitu saja. Sungai-sungai yang indah, pantai-pantai yang bersih kini banyak pula sampah yang mengotorinya. Sungguh tak layak untuk kita nikmati lagi pemandangannya. Belum lagi cemaran limbah pabrik yang mengandung bahan kimia berbahaya yang membunuh ekosistem perairan. Alam kita sudah terkikis, merusak secara pasti.



Sumber: Dokumentasi Pribadi


Bagi saya seorang wanita yang tampil luar biasa adalah mereka yang senantiasa sadar akan lingkungan alamnya. Karena wanita adalah seorang ibu, yang bertugas menjaga dan merawat anak-anaknya yang akan menjadi suatu generasi penentu arah kemana bangsa ini akan berlabuh. Meraka yang mendidik anak-anak mereka sejak dini. Sekolah pertama untuk suatu generasi. Wanita yang hebat tidak akan mengajarkan kepada anak cucunya mengotori alam. Tidak akan membiarkan keluarga, pacar, teman atau suaminya membuang sampah sembarangan. Karena bukankan jelas secara hukum maupun  secara agama manusia dilarang untuk mengotori dan merusak alamnya? 

Ya, bagi saya seorang wanita hebat akan semakin memesona ketika dia peduli dengan alamnya. Alam telah menyajikan semuanya atas karunia Tuhan. Semua yang kita perlukan untuk hidup, berasal dari alam. Makanan, material bangunan untuk menbangun tempat kita tinggal, serat-serat tumbuhan yang kita jadikan bahan sandang, bahan-bahan tambang yang lainnya yang sudah kita manfaatkan bahkan tak terhitung lagi. Jika kita tak menjaga alam kita bukankah kita terlalu egois? Kita ingin segalanya terpenuhi namun tak sekalipun menjaga kelestarian alam kita.

Marilah kita jaga alam kita. Mari menjadi perempuan yang hebat. Mari menjadi wanita yang hemat yang mengajak orang lain untuk mencintai alamnya. Mari kita menjadi perempuan yang mengajarkan anak-anak kita tentang budaya tertib membuang sampah. Kita tak akan pernah terlihat buruk dengan mencintai lingkungan kita. Kita tak akan terlihat rendah untuk menyerukan pentingnya membuang sampah secara benar, dan bagaimana mengurangi produksi sampah kita. Mari menjadi wanita yang hebat yang peduli pada lingkungan kita. Kehebatanmu akan memencarkan pesonamu seutuhnya. Alam kita menjadi masa depan anak cucu kita.