#MEMESONAITU.. MENGINSPIRASI DENGAN BERANI MENGEJAR MIMPI DAN MENOREHKAN PRESTASI SRIKANDI-SRIKANDI INDONESIA DI KANCAH GLOBAL

by Pradita Astarina / 05 April 2017

#MemesonaItu adalah sebuah kata dalam Bahasa Indonesia yang memiliki arti sangat menarik perhatian dan mengagumkan. Setiap orang pasti memiliki definisi yang berbeda dari kata tersebut. Tentunya definisi menarik dan mengagumkan tidak hanya terbatas pada paras yang cantik, fashionable outfit dan penampilan luar saja. Bagi saya pribadi, seseorang wanita dikatakan memiliki pesona apabila ia berani memaksimalkan potensi dirinya dan memiliki prestasi yang cemerlang pada bidang yang ia tekuni dan berkontribusi bagi banyak orang. Prestasi yang cemerlang tentunya akan menginspirasi dan memesona orang-orang disekitarnya. Kepercayaan diri dan karakter yang dimiliki oleh seorang wanita akan memancarkan kecantikan dari dalam diri  “inner beauty” sehingga membantu wanita disekitarnya untuk memaknai arti hidup dan merasa terinspirasi untuk mengejar mimpinya. Inilah definisi #Memesona yang ada di dalam benak saya.

‘SHE TURNED HER CAN’TS INTO CANS AND HER DREAMS INTO PLANS’— KOBI YAMADA

Dreams

Nama saya Pradita Astarina (Dita). Sejak kecil saya sudah menyadari bahwa saya memiliki ketertarikan khusus di bidang pendidikan. Saya tidak terlahir di keluarga yang serba berada. Namun demikian, orang tua saya sudah menanamkan sifat pantang menyerah dan gigih dalam berusaha apabila kita memiliki sebuah mimpi. Ajaran inilah yang menjadi pada panduan saya untuk terus mengejar peluang dan  pada akhirnya mendapatkan beasiswa penuh dari Jardine Foundation untuk membiayai pendidikan saya di University of Cambridge.

I am a passionate learner. Inilah yang menjadi kunci keberhasilan saya untuk terus berkarya di bidang akademis. Setelah belajar mengenali diri dan passion saya, saya memutuskan untuk berkonsentrasi mengejar mimpi–mimpi saya di bidang pendidikan. Pada akhirnya, di tahun 2015 saya berhasil menamatkan pendidikan master (MBA) di University of Cambridge dengan gelar sangat memuaskan (First Class Honour) dan menjadi finalis dari Women of Future Awards kategori “MBA Star” untuk mewakili Cambridge di konferensi global yang diadakan di London.

Saya menyukai Ibu Sri Mulyani, Michelle Obama dan Beyonce Knowles. Dengan segala keterbatasan yang ada, mereka memiliki keteguhan hati dan determinasi untuk memperjuangkan pemikiran, buah karya dan idealisme pada bidangnya masing-masing. Buah karya mereka menjadi manfaat dan kontribusi bagi banyak orang, terlebih lagi bagi para wanita muda. Saat ini, mereka adalah sosok role model bagi banyak wanita diseluruh dunia. Bagi saya, seorang wanita yang bisa menorehkan prestasi kelas dunia merupakan wanita-wanita luar biasa. Mereka bisa menginsipirasi dunia dan meninggalkan “legacy” yang berharga bagi anak cucu mereka.

Saat ini, sangat jarang wanita Indonesia yang bisa menorehkan prestasi dan berhasil #Memesona dikancah global apabila dibandingkan dengan negara-negara berkembang lain seperti China dan India. Sesuatu yang sungguh sangat  disayangkan, negara kita yang kaya dengan jumlah penduduk, negara keempat terbesar di dunia namun masih kurang terdidik dengan “Achievement Habit” and “Dare to Dream Mindset”.

Negara Indonesia kaya akan potensi sumber daya manusia. Namun demikian, saya menduga ada sesuatu yang salah dalam sistem pendidikan kita sehingga sulit untuk menanamkan pemikiran untuk keluar dari zona nyaman dan berani bermimpi pada generasi muda Indonesia. Wanita tidak hanya dituntut untuk berpenampilan cantik, namun yang paling penting memiliki karakter yang baik dan pemikiran yang maju. Saya percaya bahwa para wanita Indonesia adalah Srikandi-Srikandi  yang memiliki kualitas yang setara dengan wanita dunia. Srikandi Indonesia yang bisa menjadi panutan dan mengibarkan bendera merah putih dikancah global.

Setiap wanitta memiliki cara tersendiri untuk #Memesona lingkungan sekitarnya. Saya tekankan sekali lagi bahwa #MemesonaItu bukanlah hal yang tidak bisa diasah. Setiap wanita bisa menumbuhkan pesona di dalam dirinya. Untuk itu, melalui tulisan ini saya ingin berbagi tips bagaimana menggali dan mengasah potensi diri dan menjadi wanita yang #Memesona lingkungan sekitar Anda.

dream-dare-do

Pertama, kenali diri dan potensi Anda. Renungkan apa minat, bakat dan passion Anda. Manusia dilahirkan dengan bakat dan potensi yang berbeda. Setiap individu hendaknya  berusaha mengenali bakat dan potensi tersebut sejak dini dan berusaha mengasahnya dengan baik. Saya meyakini bahwa tidak ada individu yang terlahir dengan “extraordinary talent”.  Bakat yang sudah diberikan oleh Tuhan YME harus diasah dan dilatih sehingga bisa menampilkan hasil yang maksimal. Hindari rasa rendah diri, tumbuhkan rasa percaya diri Anda karena pada dasarnya kita semua dilahirkan dengan atribut yang sama. Hampir tidak ada manusia yang terlahir dengan superiority dan extraordinary skills!

Kedua, fokus dan asah kemampuan Anda di dalam bidang tersebut. “Practice makes perfect”. Apapun bidang Anda, determinasi dan ketekunan akan membawa Anda meraih hasil yang spektakuler dan membuat Anda “#Memesona” dan “menginspirasi” dunia sekitar Anda. Fokuskan kegiatan Anda  pada hal-hal yang bisa meningkatkan kempampuan Anda. Kelilingilah diri Anda dengan orang –orang yang positif, bersemangat dan percaya bahwa Anda bisa meraih mimpi tersebut.

Seorang fashion designer, tidak akan menjadi terkenal apabila tidak selalu mengikuti perkembangan di dunia fashion dan menjalin networking dengan komunitas dan para penggemarnya. Seorang atlet tidak akan menjuarai olimpiade tingkat dunia ketika ia tidak berdisiplin diri dan berlatih keras untuk meningkatkan stamina dan performanya dari hari ke hari. Seorang pendiri start-up tidak akan berhasil memimpin dan mengubah bisnisnya untuk masuk ke dalam jajaran unicorn apabila ia tidak peka terhadap kebutuhan konsumen dan peka terhadap pergerakan pasar. Masih banyak contoh nyata yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu sebagai bukti nyata bahwa apapun bidang Anda, dengan kerja keras dan kepercayaan diri, akan menuai prestasi yang cemerlang. Oleh karena itu, jangan pernah berhenti bermimpi. Tidak ada mimpi yang terlalu besar, nothing is impossible karena ketika kamu berhasil meraih mimpi, pesona dirimu akan terpancar dengan sendirinya.

Ketiga, bangun rencana aksi untuk mencapai mimpi mimpi tersebut. Rencanakan hidup Anda dengan baik. Membuat action plan dari rencana besar Anda adalah hal yang sangat berguna. Sebuah mimpi besar tentunya tidak bisa tercapai dengan satu kali loncatan. Anda harus membuat rencana aksi yang lebih mudah tercapai dalam jangka pendek untuk menunjang tercapainya mimpi besar Anda. Misalnya, seseorang yang bermimpi untuk masuk ke perguruan tinggi ternama di dunia harus mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan sebagai persyaratan, misalnya: TOEFL test, GMAT/GRE, surat rekomendasi dan transkrip nilai. Setelah mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkan buatlah timeline dalam mempersiapkan masing-masing komponen.  Ini sangat berguna dalam mendisiplinkan diri dan mengingatkan diri kita apa milestones yang harus dicapai.

never give up.jpg

Apa yang menyebabkan seseorang tidak bisa mencapai garis akhir? Tingkat determinasi diri bervariasi dari satu individu ke individu yang lain. Dalam meraih mimpi tentunya banyak segala aral melintang yang akan kita hadapi. Wanita yang #MemesonaItu adalah wanita yang bisa terus maju ketika mengalami kegagalan dan belajar dari kegagalan tersebut. Bangkit dan kembali berlari. Anda bisa mengibaratkan hidup ini sebagai lomba marathon, yang mana orang dengan ketahanan dan kegigihan yang tinggilah yang pada akhirnya bisa mencapai garis akhir.

Fokuslah pada diri dan perjuangan Anda dan jangan membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain. Wanita yang #MemesonaItu adalah mereka yang bisa berpegang teguh pada nilai-nilai yang mereka yakini  serta yakin atas kemampuan dirinya. Wanita cenderung memiliki sifat komunal dan sosial. Apalagi ditambah dengan menjamurnya sosial media!  Banyak manfaat yang bisa dihasilkan oleh sifat ini namun seyogyanya tidak membuat Anda bergantung pada konsensus sosial mengenai apa yang harus Anda lakukan dengan hidup Anda. Bersosialisasi adalah hal yang baik. Namun, ingatlah prinsip kopi yang bisa mempengaruhi air. Janganlah mudah terpengaruh dengan lingkungan sekitar Anda untuk mendefinisikan kata “sukses” dan “#Memesona”. Wanita cerdas  adalah wanita yang memiliki definisi #sukses dan #Memesona bagi dirinya sendiri tanpa terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya.

pif_graphic

“Pay it Forward What You Have Received”. Sebagai bentuk rasa syukur terhadap berkat Tuhan YME dan apa yang telah kita miliki, tunjukkanlah rasa kepedulian kepada orang disekitar Anda. Bantu wanita-wanita disekitar Anda untuk mewujudkan mimpi-mimpinya. Women help other women to succeed. Rasa kepedulian terhadap sesama tentunya akan menumbuhkan inner beauty setiap wanita dan mempercantik batin Anda.

Melalui tulisan ini, semoga semakin banyak Srikandi Indonesia yang bisa #memesona dunia dengan prestasi, pemikiran dan “inner beauty” nya!

Best Wishes, 
Dita