#MemesonaItu Berani

by Sonia Kharisma Putri / 05 April 2017
by Sonia Kharisma Putri

Setiap orang khususnya perempuan berbeda-beda dalam memberikan definisi mengenai #MemesonaItu. #MemesonaItu tidak selalu tentang fisik, tetapi juga tingkah laku, ucapan bahkan cara berpikir seseorang. Menurut saya #MemesonaItu saat kita berani, seperti berani berpendapat, berani tampil beda, berani menjadi diri sendiri, berani melakukan perubahan, berani memutuskan sesuatu, berani menentukan pilihan dan masih banyak lagi. Tapi permasalahan yang paling klise disini adalah berani saat kita harus menentukan sebuah pilihan, karena sejatinya hidup itu penuh dengan pilihan. Hidup kamu mau dibawa kemana ya itu pilihan kamu, tergantung kamu berani atau tidak mengambil resiko dari sebuah pilihan yang kamu putuskan.

Sebenarnya menentukan sebuah pilihan sudah kita lakukan dari kecil tapi lingkupnya tidak seluas saat kita mulai dewasa, orientasinya pun berbeda kalau saat ini yang kita bicarakan pasti berhubungan dengan masa depan. Pernah nggak sih kamu harus menentukan sebuah pilihan yang benar-benar sulit? Dan pilihan itu tidak hanya sebatas untuk masa sekarang bahkan bukan hanya untuk kepentinganmu saja. Mungkin hal itu yang saat ini sedang saya alami, ya menentukan sebuah pilihan. Terlahir dari keluarga yang sederhana membuat saya sadar akan pentingnya pendidikan, itu merupakan salah satu alasan saya memberanikan diri memilih melanjutkan kuliah di salah satu universitas favorit di Indonesia (semoga saya benar-benar diterima Aamiin). Awalnya jujur saya merasa takut dan minder, karena saya selalu berpikir saya ini anak dari daerah yang bisa dibilang pelosok, banyak hal dari segala aspek di desa yang sudah tertinggal dari kemajuan di kota. Bukan hanya itu saja masih banyak keraguan dalam diri saya, misalnya disana saya sama siapa, nanti cari tempat tinggalnya bagaimana, belum lagi biaya hidup yang pasti jauh lebih mahal daripada di kota saya. Tapi kembali lagi tidak ada yang bisa merubah nasib kamu selain usaha kamu sendiri, kalau saya masih disini saja kapan saya bisa merubah sesuatu yang memang harus dirubah. Karena kadang masih banyak sekali orang yang hidupnya standart-standart saja mereka menjalani kehidupan sesuai alur, memilih sesuatu yang hasilnya sudah pasti atau bisa dibilang tetap berada di zona nyaman. 

Tapi ada saatnya kita harus keluar dari zona nyaman dan memilih keputusan yang terkadang beresiko. Mungkin bisa saja saya memilh kuliah di kota saya dan saya yakin bisa lolos di universitas tersebut tapi apa hanya sampai disitu saja perjuangan saya mewujudkan mimpi, bagi saya mimpi bukan hanya angan tapi seberapa beraninya kamu bermimpi dan mewujudkannya. Karena #MemesonaItu kita tahu sesuatu yang kita pilih akan beresiko tetapi kita tetap memilihnya karena kita siap menerima resiko tersebut sebagai awal dari sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. Ibaratnya kamu mendaki sebuah gunung, saat menanjak kamu harus tetap naik sekalipun harus merangkak dan saat turun kamu harus berani jika resikonya akan terperosok jatuh.

Apalagi sadar atau tidak di era ini perempuan memiliki peran penting untuk sebuah kemajuan, kita sebagai perempuan juga dituntut bisa melakukan banyak hal, bayangkan saja jika kita tidak memiliki keberanian untuk menentukan sesuatu pasti kita akan berjalan sesuai dengan kehendak orang lain. Masak kita mau-mau aja hidup kita sesuai kata orang, hidup kita kan milik kita jadi kita yang bertanggung jawab menentukan semua itu. Caranya gimana? Ya dengan  mempersiapkan yang terbaik mulai dari sekarang. Beruntungnya  saya banyak bertemu perempuan-perempuan hebat yang banyak memotivasi saya untuk lebih berani dan yakin atas segala keputusan saya. Saya juga menyadari bahwa masa depan yang saya pilih nantinya bukan hanya untuk semata-mata kebahagiaan pribadi, masih banyak hal bahkan banyak orang lain yang menunggu kita melakukan sebuah perubahan. Jadi tungguapalagi? Tunjukkan keberanianmu! Karena #MemesonaItuBerani karena #MemesonaItuKamudanKeberanianmu !!

#MemesonaItuBerani
#MemesonaItuKamudanKeberanianmu