#Memesonaitu Berusaha Membahagiakan Orang Tua dengan Hal Sederhana

by Nur Alfi Lail / 05 April 2017

Sebagai anak yang notabenenya dibesarkan oleh orang tua dengan kasih sayang yang tulus. Alangkah baiknya jika kita dapat membuat mereka bahagia, walaupun kebahagiaan itu bisa diberikan dengan sederhana. Karena sebenarnya bukan masalah sederhana atau mewah yang mereka inginkan, tapi ketulusan kita dalam memberikan apapun dapat membuat mereka bahagia. Kita tahu, bahwa tak mungkin kita membalas semua yang telah mereka berikan tapi berusaha untuk menggoreskan senyuman dan tawa mereka tentunya akan membuat kita pun bahagia juga. 

Menikmati masa muda biasanya kita melakukan hal-hal yang membahagiakan bersama teman-teman, salah satunya berlibur. Pada setiap kita melakukan kegiatan berlibur bersama teman dan menemukan tempat baru yang indah terkadang kita lupa kepada keluarga kita karena terlalu terlena dengan kebahagian yang kita buat sendiri. Padahal di rumah, keluarga terlebih orang tua kita pasti akan selalu ingat dengan kita dan menanti-nanti kabar dari kita tapi apa yang kita buat? kita justru terkadang lupa dengan mereka walau hanya memberi kabar.

Beberapa waktu lalu, saya mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke kota Yogyakarta bersama teman-teman. Keunikan kota dan wisatanya pasti membuat saya akan lupa rumah. mengunjungin pantai-pantai yang indah, mengunjungi tempat-tempat bersejarah dan lain-lain itu saya nikmati bersama teman-teman.

Sampai pada saat kembali baru saya menyadari kalau bahagia sekali jika saya bisa membawa serta keluarga untuk berkunjung juga ke Yogyakarta. Walaupun perlu waktu lama untuk mewujudkan hal tersebut, akhirnya saya bisa mengajak orang tua berserta adik-adik untuk menikmati keindahan kota Yogyakarta yang dulu pernah saya rasakan. Bukan hanya mengenai hal-hal itu saja, salah satu point yang membuat saya bersemangat menabung untuk mengajak keluarga berlibur adalah keinginan orang tua saya untuk menikmati perjalanan lama dengan menggunakan kereta api.

Semua fasilitas dan transportasi saya lakukan tanpa sepengetahuan mereka. Setiap bulan menyisihkan gaji untuk keperluan liburan yang menyenangkan bersama keluarga seperti booking tiket kereta, booking hotel dan transportasi selama disana. Dan benar saja, pada saat saya memberikan kabar gembira ini, kebahagiaan sudah langsung terpancar di wajah orang tua saya. Senangnya bisa melihat mereka bahagia.

Dengan antusias, hampir setiap hari mereka mebahas hal itu. Padahal, waktu liburan itu masih cukup lama. Terkadang persiapan-persiapan kecil pun tak luput dari pembahasan mereka terlebih lagi Mama. Sampai beliau memprepare segala perlengkapan dan makanan selama perjalanan di kereta. Belum lagi, melihat mereka sangat menikmati perjalanan saat pergi maupun saat berwisata merupakan moment yang sangat membahagiakan.

Kebetulan jadwal perjalanan kami tanpa di sengaja bertepatan dengan tanggal anniversary Mama dan Bapak. Tanggal itu bertepatan 26 tahun mereka menikah. Meskipun tak ada hal yang special yang kita berikan sebagai anak, paling tidak itu menjadi suatu hadiah besar (yang pernah saya lakukan) untuk mereka.

Seperti itulah, #Memesonaitu menurut saya. Selalu berusaha membuat orang tua bahagia walau dalam hal sekecil dan sesederhana apapun. Selama diniatkan dan diberikan dengan tulus pasti akan berbuah manis. Walaupn pada sebenarnya, tidak ada orang tua yang ingin merepotkan anaknya. Tapi, kitalah seharusnya sebagai anak selalu mengerti akan mereka. Seperti satu nasihat yang pernah saya dengar "Jangan pernah takut untuk memberikan rezeki dalam membahagiakan orang tua, karena rezeki tersebut tidak akan pernah habis malah justru akan bertambah dan bertambah." _Unknown_.