Memesona itu CANTIK

by Nur Lailatul Jannah IIDN / 04 April 2017

Hal yang tidak dapat dipungkiri, bahwa wanita ingin terlihat mempesona di mata semua orang, namun kenyataannya, banyak wanita yang malah terperosok ke dalam jebakan-jebakan iklan. Ingin terlihat awet muda, pakaiah kosmetik ini dan itu, ingin terlihat langsing, minumlah obat ini dan itu, ingin terlihat mulus, pakailah alat ini dan itu, dan banyak sekali yang lainnya. Mungkin, Anda salah satunya? Terlalu mudah termakan iklan atau saya menyebutnya korban iklan. Memang, tidak ada salahnya mencoba itu semua, namun ada hal yang harus diperhatikan sebelum Anda membeli produk-produk tersebut supaya Anda tidak salah memilih dan membuang-buang uang. Ingat kebutuhannya, tidak sekedar ikut-ikutan. 

Padahal, menjadi mempesona tanpa menjadi korban iklan itu mudah sekali, namun sebelumnya, alangkah baiknya, kita tanyakan dulu di dalam hati kita, apa arti #mempesonaitu?. Mungkin saya akan sedikit memberi gambaran tentang arti #mempesonaitu.

Apakah mempesona itu harus selalu tampil cantik? Ya, menurut saya iya. Bagaimana kita mau membuat orang terpesona sedangkan tampang kita kucel, lusuh, tidak enak dipandang dan tidak menyenagkan diajak bicara. Pasti orang akan menjadi malas untuk bertemu, mereka akan langsung menyimpulkan bahwa kita itu tidak dapat merawat diri. Semua pertemuan, yang dilihat pertama kali adalah tampilan, baik tampilan wajah maupun pakaian. Bukankah sering kita mendengar bahwa kesan pertama sangat menentukkan. Jadi, jangan ragu untuk selalu tampil cantik. 

Nah, kalau cantik itu sendiri apakah selalu tentang wajah? Tidak, tidak selalu tentang wajah, walaupun kebanyakan orang menganggap wanita cantik adalah yang berwajah cantik, itu tidaklah benar. Padahal kalau mau ditelusuri, cantik itu sendiri banyak sekali macamnya, namun, saya membaginya hanya dalam dua versi, yaitu cantik lahiriyah dan cantik batiniah.

Cantik lahiriyah adalah penampilan, walaupun wajah kita pas-pasan, kantong kita juga pas-pasan, kita bisa cantik lahiriyah dengan berpenampilan rapi dan bersih. Mau kamu berwajah paling jelek sekalipun, kamu akan tampil paling cantik apabila kamu berpenampilan rapi dan bersih. Beda sekali dengan wanita yang benar-benar berwajah cantik, tapi berpenampilan sembarangan, dalam hati orang pasti berkata cantik-cantik kok kayak gitu sih?. Hemm.. gak mau kan digituin?!. 

Sedangkan cantik batiniah adalah jiwa. Yaitu jiwa yang tenang dan bersih. Tenang disini maksudnya adalah jiwa yang selalu ingat akan kebesaran Tuhan, selalu bersyukur atas anugerah yang diberikan Tuhan, dan selalu ingat bahwa ajal akan segera menjemput. Jika kita ingat ajal akan segera menjemput, pasti kita tidak akan mau menyia-nyiakan waktu, kita akan menggunakan waktu yang tersisa dengan sebaik-baiknya. Sedangkan bersih adalah jiwa yang selalu berpikiran positif, baik kepada sesama manusia maupun kepada Tuhan. Apabila jiwa kita tenang dan bersih, pesona kita akan terpancar dengan terang benderang, orang akan selalu rindu dengan kehadiran kita yang selalu membawa kebaikan dan kedamaian bagi orang-orang disekitar kita.

Ternyata, sekedar cantik lahiriah saja tidaklah cukup, kesan pertama mungkin kita memberikan pesona yang baik, namun apabila tidak diimbangi dengan cantik batiniah, orang tidak akan mau bertemu lagi bahkan mereka akan menyesal bertemu dengan kita. Ingatlah, kita ingin dikenang sebagai apa?, sebagai teman yang selalu menolong, atau sebagai Ibu yang memberikan tauladan yang baik bagi anak-anaknya, atau sebagai wanita yang selalu menginspirasi wanita lain agar selalu bangkit, pantang menyerah, dan membuat mereka menjadi wanita inspiratif juga. Sungguh sangat mempesona bukan?!.