#MemesonaItu Tidak Mengenal Perbedaan

by Yohana Cintia Setiawati / 04 April 2017

Hello Girls!


Pernahkah kalian merasakan didiskriminasi dengan pandangan orang lain terhadap kamu karena melihat kamu dari segi apa yang kamu kenakan, atau apa yang kamu tunjukkan mencerminkan salah satu Suku, Ras, atau Agama?? Tidak nyamankah dengan hal tersebut. Nah, entah mengapa saya ingin membahas mengenai hal yang saat ini sedang viral.

Mungkin setiap pendapat orang berbeda-beda mengenai ini dari hal kepercayaan, keyakinan hingga pengajaran yang mungkin telah diterima sejak kecil, banyak dari kita yang melihat orang hitam sebagai negro dan ada yang melihat orang kulit putih dengan bule atau cina. Sangat sensitifkan ini? 

Seperti saja (tidak bermaksud membawa nama merek) bagaikan kita menyebut "ingin membeli Odol merek Pepsodent" padahal Odol itu merupakan sebuah merek produk juga seharusnya kita menyebutnya Pasta Gigi merek Pepsodent, mengapa kita tidak bisa menyebutnya pasta gigi? karena kita telah terdoktrin dengan kebiasaan ini.

Contohnya juga dengan merek-merek produk lainnya seperti misalnya "ingin membeli rinso merek daia" seharusnya kita menyebutnya detergen merek daia, atau membeli blueband merek forvita seharusnya mentega merek forvita, serta masih banyak lagi karena mungkin kita telah mengikuti kebiasaan yang ada dan kebiasaan itu telah mendarah daging dalam diri kita dan juga entah ini sampai kepada generasi-generasi selanjutnya seperti itu.

Saya sangat merasa khawatir jika terus dibiarkan maka bangsa ini akan melahirkan generasi yang sama dengan generasi sebelumnya, membeda-bedakan orang dari berbagai ras, suku dan agamanya. Mereka akan saling menghina sesama mereka dan akan saling menyalahkan satu sama lain. Bullying tidak akan berhenti. Ayo, kita hentikan sekarang!

Mengapa peran wanita sangat penting disisi ini, wanita sebagai pintu utama dan apabila menjadi ibu wanita adalah guru pertama bagi anak-anaknya yang akan mengajarkan mengenai hal-hal baru yang ada didunia ini. mulailah mengajari anak-anak kita kelak dengan ajaran yang sebenarnya harus mereka dapatkan agar mereka menjadi pribadi yang kuat dan menjadi pribadi yang bukan sebagai pemecah bahkan menjadi penyatu bagi generasinya.


 

 Picture By Pinterest


Mengapa kita tidak bisa untuk memperlakukan sesama kita sebagaimana seharusnya karena langkah pertama untuk memulai memperlakukan orang lain tanpa membeda-bedakan adalah dimulai dengan diri kita sendiri. Berpandangan positiflah terhadap semua orang, perlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Hormatilah orang lain sebagaimana kita ingin dihormati.

Langkah kedua, mencoba untuk saling menghargai setiap orang dengan kepercayaan mereka masing-masing. Adakah agama yang mengajarkan untuk kita saling menjatuhkan keyakinan masing-masing manusia. Selama kita masih tinggal di Negara Indonesia yang sangat mengedepankan Bhineka Tunggal Ika, kita perlu sadar bahwa Negara ini pun mengakui semua Agama yang di anut oleh warga Negaranya. Lalu mengapa kita repot untuk mengatur keyakinan orang lain??

Langkah ketiga, mencoba untuk menerima perbedaan. Bukankah dengan perbedaan setiap hari yang dijalankan akan terasa lebih indah dan lebih bermakna? Kita jadi saling mengenal kebiasaan masing-masing ras, suku dan agama. Jangan ada didalam diri kita penolakan terlebih dahulu tetapi terimalah setiap pendapat dan belajar untuk memilah yang terbaik untuk diri kita dan yang tidak baik sebaiknya tidak perlu diperdebatkan.


Picture By Quotes Gus Dur


Kalimat dari Presiden Indonesia yang ke-4, Kyai Haji Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sangat membuka pikiran saya bahwa apabila kita dapat melakukan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi semua orang, tidak penting apapun agama atau suku kita. Orang tidak akan bertanya apa agamamu, tapi itu semua hadir dan terlihat pada pribadimu.

So, girls mulai saat ini jadilah Memesona tanpa mengenal perbedaan dari sekitarmu, seberapapun salahnya orang dimatamu. Satu hal yang perlu kamu tahu hanya perlu untuk mengambil yang baik untuk dirimu dan tidak perlu memperdebatkan yang salah dimatamu, karena kita hidup dengan perbedaan dan perbedaan itu sangat indah. 

                                     

Picture By Pelajaran Sekolah Online


Tidak terbayang dibenakku jika setiap orang semua sama dengan pendapat yang sama dengan bentuk yang sama takkan ada ilmu yang hadir dibumi ini. Perbedaan itu indah, Perbedaan itu membawa kita menjadi pribadi yang lebih baik :)


#MemesonaItuTidakMengenalPerbedaan

#MemesonaItuMenghargaiSetiapKeyakinan

#MemesonaItuMenghargaiSetiapSuku