Memesona itu adalah menjadi aku yang maksimalnya diriku

by Nova Rianida / 01 April 2017

Banyak orang bisa kita temui setiap hari namun hanya sedikit sekali orang-orang baru yang kita kenal langsung membawa kesan mendalam di hati kita, walau kontak yang terjadi dengannya hanya sebentar atau singkat. Ada sesuatu yang membekas atau mengena langsung ke hati. Bisa karena kebaikan, pertolongan, perkenalan atau obrolan dalam antrian. Pribadi yang #mempesonaitu memberikan hati dan dirinya hadir sepenuhnya pada saat itu. Perkataan & bahasa tubuhnya sejalan.. tuturkata yang keluar dari hati yang bersih,...

tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi komunikasi seperti gadget membawa perubahan besar dalam cara kita berinteraksi dengan sesama, ritme hidup juga berubah semakin cepat. Layanan moda transportasi berbasis online mendukung kemudahan kita bergerak ke suatu tempat pun dengan cepat. Hampir semua kehidupan kita yang hidup di kota besar ditopang oleh teknologi berbasis internet, bahkan untuk sekedar membeli ketoprak langganan kita tak lagi berinteraksi dengan penjualnya, namun sudah ada kurir yang bersedia mengatarkan ke depan pintu rumah kita. kita makin mudah mengekspresikan rasa dan penilaian hampir tanpa filter. "follower", "like" dan "share" menjadi standar nilai kita melihat seseorang. Maka begitu banyak munculnya pengkotak-kotakan, terpecah-pecahnya kita karena pilihan suatu opini. tanpa kita sadari kita dipaksa untuk menjadi bagian dari yang satu dan menentang pihak yang lain hanya karena perbedaan rasa dan sudut pandang, atau bahkan identitas yang memang sudah melekat sejak lahir.

maka kita perlu berhenti sejenak untuk melihat lagi ke dalam diri kita, terlepas dari hiruk pikuknya interaksi manusia di luar maupun di dunia maya. knowing who you really are, siapa dirimu sebenarnya dan perananmu di jagad raya ini.

mengetahui bahwa kita adalah manusia Indonesia dengan akar budaya ketimuran yang kental akan welas asih, kaya akan kebaikan folosofis  dan kearifan lokalnya, melihat dengan lebih jernih lewat hati nurani akan kayanya pribadi-pribadi yang lahir di bumi pertiwi ini akan keragaman budaya, bahasa, adat istiadat dan tradisi leluhur. kita adalah bangsa yang besar yang sangat disayangkan jika harus dikerdilkan dengan perbedaan-perbedaan yang memang menjadi modal kekuatan kita. Kita pada dasarnya adalah pribadi yang #MemesonaItu

maka reformasi mental perlu kita renungkan untuk membuat kita memiliki karakter pribadi yang kuat, mengikuti arus kecanggihan teknologi tanpa harus kehilangan identitas pribadi kita dan tidak larut di dalamnya. 

Milikilah waktu untuk lebih mengenal diri kita setiap hari agar pengenalan yang baik tentang siapa kita membuat kita lebih bijak dalam memandang orang lain.

Setelah kita mengetahui siapa kita, maka selanjutnya adalah treat you body well. tampilan luar adalah pintu masuk atau kesan pertama sebelum berlanjut pada tahap selanjutnya. maka menghargai tubuh kita dengan baik adalah juga memberikan standar penilaian akan harga diri kita. And dress up. kenakanlah busana yang mewakili dirimu karena busana yang kita kenakan adalah representasi citra diri maka jiwa, hati dan pikiran di dalamnya akan memancar menyempurnakan outlooknya.

Menjadi benar-benar hadir seutuhnya pada saat dimana kita berada adalah hal yang sangat penting. Banyak orang sudah tidak bisa lagi merasakan kehadiran dirinya sendiri pada saat dimana dia berada, lebih memfokuskan diri pada telepon pintar, earphone, tablet, laptop atau kamera terkini untuk bisa membuat dunia melihat apa yang ia kenakan, dimana ia berada atau apa yang sedang ia lakukan.

Ayo keluar melihat sekitar, melihat dunia yang tidak sebesar layar handphonemu. jadikan kecanggihan alat itu untuk menebar kebaikan, memunculkan energi positif dari setiap kebaikan kata-kata, lalu bertemulah, bantu yang bisa kita bantu, menyentuhnya secara langsung karena bahasa tak langsung bisa salah arti atau persepsi namun komunikasi langsung membuat psikis kita menjadi lebih waras. membuat kita memahami secara menyeluruh dalam ruang dan waktu yang sama dengan lawan bicara.

Mengetahui masing-masing kita adalah pribadi yang #MemesonaItu membuat kita tak lagi bicara intelektualitas, uang atau bahkan popularitas secara tersurat tapi spiritualitas yang membungkus semua itu memiliki arti lebih untuk hidup kita.

Ada sebuah catatan kecil yang aku tempel di dinding dapur tempat aku menghabiskan sebagian besar waktuku, ku tempel disana untuk mengingatkanku mengisi hari-hariku lebih berarti tidak hanya bagiku namun mereka di sekelilingku. Tulisan itu dalam bahasa Inggris yang jika aku terjemahkan berbunyi seperti ini “ cara menjadikan hidup lebih berharga setiap harinya” dengan

Bangun lebih pagi. Bersyukur terhadap apa yang kita punya. Lakukan hal-hal produktif. Lakukan hal-hal yang menyenangkan. Menolong orang lain sekecil apapun itu. Nikmati hangatnya matahari pagi. Berolahragalah walau hanya sekedar berjalan kaki. Pujilah orang lain. Hadirlah bagi orang-orang di sekitarmu dan Lakukan hal yang baru.

Tak ada yang sulit dari semua list di atas, tinggal bagaimana kita dapat memesona diri sebelum kita mampu memesona orang lain dengan keberadaan kita.

Kenali dirimu, focus pada semua kebaikan, perlakukan tubuhmu dengan baik, dan hadirlah secara utuh dimana kamu berada, beri hati pada setiap hal yang kamu lakukan. Orang akan mulai melihat perbedaan karena “apa yang keluar dari hati sampai ke hati” So, Bersinarlah! Karena aku, kamu, kita adalah orang-orang yang #MemesonaItu