#MemesonaItu SENYUMMU ADALAH PESONAMU

by Masrofatul Kifiyah / 01 April 2017

Setiap manusia memiliki karakter yang berbeda, baik itu pria maupun wanita. Namun ada hal yang sama yang dimiliki pria dan wanita, yaitu pesona. Pesona adalah sebuah obyek yang terpusat pada seseorang hingga membuatnya mengagumi obyek tersebut yang disebabkan oleh faktor tertentu. Obyek disini yang dimaksud adalah manusia. Pesona dapat diartikan daya tarik, baik itu dari segi paras rupa, kata-kata maupun kemampuan suatu obyek.

Banyak yang berkata memesona itu adalah sebuah keindahan pria atau wanita secara fisik. Kecantikan seringkali dihubungkan dengan pesona. Memang hal yang paling kuat dari pesona adalah paras rupa. Namun perlu diketahui bahwa cantik ya cantik, pesona ya pesona. Cantik itu visual, sebatas mata memandang dan tergantung mata siapa yang memandang.

 Cantik adalah bagian dari memesona dan tidak semua yang cantik itu memesona. Memesona lebih jauh mengaitkan kecantikan fisik dengan kepribadian, sifat dan isi otak serta kebaikan hati lalu dikemas dalam satu paket hingga lahir sebuah kata memesona. Definisi memesona secara kompleks seperti itu, namun ada definisi memesona secara sederhana yang mendasari makna dari memesona itu sendiri.

#MemesonaItu menurut saya adalah senyum. Setiap orang yang tersenyum memancarkan pesona, karena senyum itu mengandung aura positif bagi sekitarnya. Senyum tidak memandang pria ataupun wanita, senyum tidak memandang miskin atau kaya, senyum juga tidak memandang paras cantik atau buruk rupa. Senyum tidak membutuh sebuah keahlian maupun modal materi.

Manusia diciptakan dengan sempurna daripada makhluk lainnya, tersenyum adalah hak semua manusia, tak terkecuali, bahkan manusia yang cacat sekaligus memiliki hak untuk tersenyum, apakah kalian pernah menjumpai manusia hidup tanpa kepala? Kalaupun pernah sudah bisa dipastikan bukan manusia, melainkan makhluk lain alias makhluk ghaib yang tersenyum.

Ada pepatah yang mengatakan senyummu mengalihkan duniaku. Tidak peduli seberapa kerasnya hidup, senyum masih akan ada pada manusia untuk membawa pesona. Setiap orang yang tersenyum dapat mengalihkan pandangan, mulai dari yang awalnya marah menjadi luluh karena senyum, dari yang sedih menjadi bahagia karena melihat orang disamping mengirim sinyal pesona lewat senyum. Seperti itulah keajaiban pesona senyum. Bahagia adalah sumber dari senyum, namun terkadang senyumlah yang menjadi sumber dari kebahagiaan itu sendiri. Senyum yang hangat adalah bahasa umum yang melekat dari pesona kebaikan. Tebarkanlah pesonamu lewat senyum, niscaya pancaran pesonamu akan semakin sempurna dipandang mata. Yakinlah bahwa senyummu nampak elegan, sebab satu senyuman darimu bisa mengalah pesona bahkan yang berkharisma pun akan segan olehmu. Dan satu senyummu bisa membuat beberapa orang tersenyum serta beberapa senyummu akan membuat ratusan orang tersenyum menikmati pesona senyum merona darimu. Pernahkah kalian berfikir bahwa kalian secara tidak sadar mengirim sinyal pesona kepada orang lain lewat senyum kalian, hingga lawan jenis kalian merasa tertarik padamu meskipun kamu merasa buruk dimatanya. Itulah yang dinamakan pesona senyum yang mengantarkan kalian pada sebuah hubungan.

Namun ada pula pepatah yang mengatakan senyummu membawa luka. Ya, dari pesona senyum itulah sebuah obyek mengelabuhi lalu mengkhianati sebab pesona senyum yang terpancar mengalihkan logika yang ada, tidak terlintas sedikitpun bahwa pesona senyum yang tertebar itu merupakan sebuah strategi untuk menarik lawan jenis semakin terpesona tanpa peduli maksud dibalik dari senyum tersebut. Sebab ada bunga yang dikerumuni lebah maupun kupu, dan tak semua pesona dari senyuman itu mulia.
"Pesona senyum itu diibaratkan dua gelas dari jenis yang berbeda namun sama-sama berisikan air. Gelas merupakan wadah yang dalam arti tubuh kita sedangkan air adalah pesona. Kalian bebas mengisi air dengan variant rasa hingga menambah citarasa yang menggugah selera, seperti itulah pesona dari sebuah senyum""