06 Juli 2018
Bagikan :

Indonesia sukses untuk terpilih menjadi Dewan tidak tetap Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sebagai bangsa yang besar dan telah merdeka, Indonesia diamanatkan untuk turut andil dalam melaksanakan keterlibatan dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian dan juga keadilan sosial.

Berbeda dengan lima negara anggota tetap Dewan Keamanan atau biasa dikenal dengan “P5”, terdapat 15 negara yang terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Anggota tidak tetap ini tidak memiliki hak veto untuk mencegah diadopsinya suatu resolusi. Namun, Indonesia tetap berperan sebagai perumus kebijakan di Dewan Keamanan PBB. Mengingat proses yang cukup panjang dan tidak mudah untuk menjadi anggota dewan organisasi besar seperti PBB, merupakan achievement yang menakjubkan bagi Indonesia. Terpilihnya Indonesia tentu akan meningkatkan rasa percaya diri bangsa untuk terus mempertahankan dan memperjuangkan hal yang benar. Contohnya peran Indonesia yang terus menerus membantu dan mendukung kemerdekaan Palestina.

Walaupun sudah berhasil menduduki salah satu bangku anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, Indonesi tidak hanya puas sampai di sana. Tentu akan terjadi banyak pergerakan untuk menghargai hasil kerja keras dengan memperkuat ekosistem perdamaian dan stabilitas global. Tidak lupa juga untuk membentuk suatu pendekatan komprehensif untuk melawan terorisme, radikalisme dan juga ekstrimisme.  Selain itu, Indonesia juga akan mendorong kemitraan global untuk menciptakan sinergi antara penciptaan perdamaian dan kegiatan pembangunan berkelanjutan.

Kesempatan berharga ini tidak akan dilewatkan begitu saja oleh Indonesia untuk bisa menjadi lebih baik. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif dalam melakukan diplomasi, yang menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan kredibilitas di mata dunia. Perolehan suara 144 dari 190 sudah menjadi saksi bahwa Indonesia dipercaya oleh dunia untuk menjadi salah satu negara yang menjaga perdamaian dunia.

Semoga dengan pencapaian ini, membuat Indonesia terus berkembang dan mampu untuk membuat langkah besar dan menciptakan sejarah dunia terhebat. Bagaimana, Ladies? Sudahkah Negara tercinta ini menjadi inspirasi kamu untuk menjadi pribadi yang baik agar dikagumi dan dihargai?

Komentar (0)

related article