05 Juli 2018
Bagikan :

Memiliki usaha yang besar dan menghasilkan adalah impian bagi banyak pengusaha baik itu usaha kecil, menengah hingga para pengusaha skala besar dan pastinya termasuk kamu juga ya ladies. Banyak pengusaha yang berjuang dari usaha kecil dan menengah atau UKM hingga bisa terus berkembang dan bisa menjadi sukses. Bisnis UKM atau dikenal juga dengan usaha kecil menengah adalah tipe usaha yang paling banyak di Indonesia.

Strategi menjalankan usaha jelas merupakan penentu kesuksesan mereka membangun usaha sejak awal.  Lalu apa saja cara yang dilakukan para pengusaha tersebut hingga akhirnya sukses? Berikut tips sukses memulai bisnis kecil yang menjanjikan.

Buatlah Strategi Yang Baik dan Matang

Saat menjalankan sebuah bisnis atau usaha, terutama untuk usaha skala menengah ke atas, dibutuhkan sebuah strategi dan perencanaan yang baik dan juga matang serta percaya diri yang tinggi. Agar usaha kamu dapat berkembang menuju level yang lebih baik, buatlah sebuah strategi dan perencanaan mulai dari visi, misi, target, pemasaran, produksi, biaya, channel, promosi, dan lain-lain.

Tujuannya adalah untuk mempermudah dan juga membantu para pelaku usaha agar dapat memperhitungkan anggaran-anggaran yang dibutuhkan serta tidak melenceng dari target. Selain itu strategi ini digunakan agar pengusaha juga dapat selalu fokus. Dengan adanya strategi bisnis, baik itu untuk waktu bulanan, maupun tahunan, akan membuat kamu bisa lebih fokus dan bisa lebih baik dalam menjalankan usaha kamu nantinya.

Kenali Pesaing-Pesaingmu

Tips sukses bisnis UKM yang selanjutnya yaitu cobalah untuk mengenal dan mengetahui baik strategi ataupun hal-hal yang dimiliki oleh para pesaing kamu, termasuk juga kelebihan, kekurangan, cara promosi dan lain-lain. Dengan mengenal para pesaing, terutama mereka yang berhasil, juga dapat membuat kamu mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan yang tidak dilakukan. Hal ini juga menuntut kamu untuk terus selalu melakukan hal yang berbeda dengan para pesaing dengan cara inovasi dan kreasi baru, sehingga memiliki nilai tambah dan dan juga agar dilirik oleh para konsumen dibandingkan dengan banyaknya produk lain dari para pesaing.

Hemat Biaya Operasional Bulanan

Saat akan mengembangkan usaha agar menjadi lebih besar, kamu tidaklah harus mengeluarkan biaya yang lebih besar atau lebih banyak terutama untuk hal-hal yang dirasa tidak perlu. Usahakan agar kamu hanya mengeluarkan biaya untuk hal yang penting dan memang perlu dilakukan saja, agar kamu tidak kehabisan biaya sebelum mendapatkan laba yang cukup untuk membesarkan usaha kamu dengan lebih besar lagi.

Khusus untuk pengembangan yang satu ini, usaha dan kreativitas kamu sangat diperlukan untuk bisa menekan biaya-biaya yang tidak perlu dan bisa dihemat. Carilah ide-ide baru dalam hal marketing atau pemasaran yang hanya memerlukan biaya yang kecil tetapi ber-impact. Seperti melakukan penjualan melalui jalur online seperti membuat toko online dibandingkan dengan membuat atau menyewa toko di mall yang pastinya membutuhkan biaya yang besar.

 

Komentar (0)

related article