24 Februari 2018
Bagikan :

Setiap orang tidak akan lepas dari kesibukan beraktivitas. Beberapa orang terkadang lebih mengutamakan pekerjaan sehingga mengabaikan pola makan dan tidur. Ada juga yang lebih mementingkan kesehatan dibandingkan sosialisasi dan pekerjaan. Dalam hidup, idealnya semua harus seimbang. Jika tidak seimbang, maka akan berdampak buruk. Dalam melakukan rutinitas sehari-hari, kita harus bisa membagi-bagi waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas tertentu. Di bawah ini adalah tahapan rutinitas yang baik untuk kamu dari pagi hingga malam hari.

 

Pagi Hari

Jam yang paling baik untuk bangun tidur adalah jam 5-6 pagi. Setelah itu mulai persiapkan diri untuk beraktivitas. Mandi pagi, perawatan kulit dan bersiap-siap untuk berangkat ke kantor, kampus atau kemana saja untuk beraktivitas. Jam 7-9 pagi baik untuk meningkatkan ikatan dengan keluarga karena hormon oksitosin dan hormon cinta sedang meningkat. Oleh karena itu, di waktu ini cocok untuk melakukan sarapan bersama dengan keluarga di meja makan untuk saling berinteraksi, semangat dan dukungan. Jam 9 Pagi baik untuk mengeluarkan kreativitas dalam mengerjakan tugas, karena tubuh pada jam ini sedang memproduksi hormon kortisol atau hormon stress. Jadi kamu akan lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

 

Siang dan Sore Hari

Setelah bekerja dari pagi, jam 12 cocok untuk melakukan makan siang. Setelah itu biasanya kamu akan merasa mengantuk setelah makan siang, sehingga tingkat konsentrasimu akan berkurang. Oleh karena itu pada jam-jam ini mulailah beristirahat sejenak dari pekerjaan dan jangan melakukan aktivitas yang berat. Menjelang jam 3 sore seseorang akan merasa lebih santai dan secara alami akan terjadi peningkatan suhu tubuh sehingga pada jam ini sangat cocok untuk berolahraga.

 

Malam Hari

Setelah melakukan olahraga, pada jam 7-9 malam tepat untuk melakukan makan malam dan bersantai bersama rekan dan keluarga. Setelah itu, mulai dari jam 9-12 malam, otak akan memproduksi hormon melatonin yang akan membuat kamu jadi mengantuk, sehingga ini menjadi waktu yang tepat untuk tidur.

Nah, dari tahapan rutinitas di atas sebaiknya kamu mengatur waktu yang baik ya, Ladies! Karena jam biologis yang berantakan dapat mempengaruhi daya tahan tubuh kamu.

Komentar (0)

related article