26 Oktober 2017
Bagikan :

Siapa bilang jadi pemimpin itu mudah? Jadi pemimpin itu sulit lho, Ladies! Mungkin di benak kita, menjadi pemimpin itu hanya sekadar duduk dan memerintah. Iya memang, mungkin ada beberapa yang seperti itu. Tetapi, sebenarnya menjadi pemimpin tidak hanya bisa menyuruh, tetapi juga harus memiliki leadership yang tinggi, lho! Bila kamu ingin menjadi pemimpin yang luar biasa, simak 5 hal berikut ini, yuk.

 

Memiliki Rasa Ingin Tahu

Seorang pemimpin yang luar biasa memiliki rasa selalu ingin tahu. Konteks ingin tahu disini bukan berarti harus kepo terhadap masalah orang lain ya, Ladies! Rasa ingin tahu ini artinya, kamu harus selalu ingin belajar tentang sesuatu yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Jangan malu untuk jujur kalau kamu belum mengetahui suatu hal, karena dengan mengakui bila kamu belum mengetahui suatu hal, mungkin saja kamu akan menerima masukan dan informasi baru dari orang lain, kan?

 

Mudah Minta Maaf dan Memaafkan

Nah, biasanya hal ini yang sulit untuk dilakukan. Memaafkan itu bisa menjadi hal yang sulit bila kamu memiliki sifat gengsi yang tinggi. Bila kamu merasa gengsi untuk meminta maaf dengan bawahanmu, maka kamu belum bisa disebut pemimpin yang luar biasa. Begitu juga sebaliknya, bila kamu tidak bisa memaafkan bawahanmu, artinya kamu masih mementingkan ego dirimu sendiri. Dan hal tersebut bukanlah ciri-ciri pemimpin yang luar biasa.

 

Memiliki Empati dan Respect

Menempatkan diri pada keadaan yang orang lain rasakan adalah salah satu sifat kepemimpinan yang luar biasa. Empati merupakan hal yang penting dalam setiap keorganisasian karena dengan berempati, masing-masing orang akan saling terhubung. Apalagi, jika ditambah dengan respect terhadap anggota lain. Dengan memberikan respect yang besar, maka orang lain akan merasa bahwa kamu layak untuk menjadi seorang pemimpin yang luar biasa.

 

Mampu Mengelola Waktu

Time Management merupakan hal yang penting apabila kamu tergabung dalam suatu etos keorganisasian. Jika kamu adalah pemimpin, kamu harus mampu mengelola waktu. Dengan mengelola waktu, tentu saja pekerjaan masing-masing anggota akan semakin efektif.

 

Handal Memberikan Motivasi

Ini dia yang dibutuhkan oleh setiap anggota dari pemimpinnya, Motivasi. Motivasi mungkin dianggap sebagai suatu hal yang tidak terlalu penting. Namun, jika kamu sebagai pemimpin memberikan motivasi kepada anggotamu dalam keadaan apapun, maka anggotamu pasti akan selalu semangat, dan pekerjaan yang dikerjakan tidak akan terasa berat.

Ladies, menjadi pemimpin artinya menjadi seseorang yang memiliki peranan penting dalam suatu keorganisasian. Pemimpin adalah jantung dari sebuah organisasi. Jadi, jika kamu ingin menjadi pemimpin yang luar biasa, kamu harus pastikan telah memiliki 5 hal di atas ya!

Komentar (0)

related article