04 Oktober 2017
Bagikan :

Yoga dan Pilates adalah dua jenis olah tubuh dan pikiran yang seringkali dianggap sama. Sebenarnya memang ada beberapa kesamaan antara Yoga dan Pilates ini, terutama pada gerakan fisiknya. Namun, kedua aktifitas ini sebenarnya memiliki tujuan dan manfaat yang berbeda, lho ladies.

Jika Yoga berfokus pada ketenangan batin dan diharapkan kamu akan mendapatkan manfaat seperti lebih rileks, memperoleh kehangatan spiritual, ketenangan pikiran ataupun batin, dan bertujuan untuk meditasi diri. Sementara Pilates berfokus pada penguatan otot inti. Pilates memang memiliki manfaat yang hampir serupa dengan Yoga, yaitu untuk lebih rileks. Namun, Pilates difokuskan untuk mendapatkan ketenangan hanya pada pikiran dan tubuh saja, sementara tidak untuk ruh atau batin (spirit).

Sebenarnya, bisa saja kamu melakukan keduanya. Namun, jika kamu ingin melakukan salah satu di antara Yoga dan Pilates. Kamu bisa memperhatikan hal-hal seperti di bawah ini

Membentuk dan mengurangi berat badan

Jika kamu ingin membentuk serta mengurangi berat badan kamu, hal-hal yang harus diperhatikan adalah frekuensi dan intensitas dari masing-masing aktifitas. Satu sesi Yoga selama 60 menit, tergantung dari jenis Yoga yang kamu lakukan, bisa membakar 200-630 kalori. Melakukan pilates selama 60 menit bisa membakar 270-460 kalori per sesi, tergantung dari tingkat kesulitannya.

 

Mengurangi Stres

Jika kamu ingin mengurangi stres dari rutinitas sehari-hari dan ingin mengembalikan fokus, kamu bisa memilih aktifitas Yoga. Yoga membantu kamu untuk mendapatkan keseimbangan antara tubuh, pikiran, dan jiwa. Teknik-teknik yang ada pada Yoga seperti meditasi, bisa membantu kamu meraih keseimbangan spiritual.

 

Tipe Jarang Berolahraga

Jika kamu tipe orang yang jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga, kamu bisa melakukan keduanya. Baik Yoga atau Pilates, adalah dua aktifitas yang memberikan banyak manfaat. Namun, pastikan kamu menyesuaikan insensitas latihan dengan kondisi tubuh. Kamu bisa mulai dengan latihan yang ringan terlebih dahulu agar tubuh kamu bisa menyesuaikan.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari Yoga ataupun Pilates, karena sebenarnya kedua jenis olahraga ini memiliki manfaatnya masing-masing. Namun, apapun olahraganya, manfaatnya tentu sama saja kan, ladies. Untuk mendapatkan kebugaran tubuh, ketenangan pikiran, dan keseimbangan batin.

Yuk mulai berolahraga!

Komentar (0)

related article