12 Juli 2017
Bagikan :

Kamu punya hewan peliharaan di rumah?

Menyenangkan sekali bila bisa melepas penat sembari bersantai bersama hewan peliharaan di rumah. Kini variasi hewan peliharaan tidak hanya anjing, kucing, atau kura-kura saja. Kamu juga bisa memelihara hamster, kelinci, sugar glider, dan jenis hewan jinak lainnya.

Jangan menganggap hewan peliharaan sebagai sesuatu yang merepotkan ya, ladies. Faktanya, punya hewan peliharaan justru akan memberikan banyak manfaat bagimu. Dapatkan ragam manfaat berikut ini jika kamu memiliki hewan peliharaan kesayangan di rumah :

Membantu Meredakan Gejala Stres

Bermain dengan hewan peliharaan terbukti dapat meminimalkan gejala stres, karena tubuhmu akan memproduksi hormon dopamin dan serotonin yang mampu memberi efek menenangkan. Setelah bermain bersama hewan peliharaan, kamu akan merasa lebih tenang dan tidak terlalu terbebani dengan masalahmu. Resiko depresi akibat stres berkepanjangan pun dapat diminimalkan.

Baca Juga: Gejala Stress yang Sering Tidak Disadari

 

Membuat Tubuhmu Aktif Bergerak

Memiliki hewan peliharaan juga membuat tubuhmu lebih aktif bergerak, sebab kamu harus memandikan hewan peliharaanmu, membersihkan kandangnya, atau mengajaknya jalan-jalan ke luar rumah. Rutinitas tambahan ini secara tidak langsung membantumu memaksimalkan pembakaran kalori dalam tubuh. Kamu pun bisa terhindar dari resiko obesitas akibat jarang bergerak. Jadi, jangan malas mengajak hewan peliharaanmu bepergian jika kondisinya memungkinkan.

 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebuah penelitian tentang kepemilikan hewan peliharaan menyatakan bahwa pemilik hewan peliharaan yang berusia di atas 65 tahun tergolong lebih sehat, karena jumlah kunjungan ke dokter pada orang-orang tersebut 30% lebih sedikit dibandingkan orang yang tidak punya hewan peliharaan. Bahkan penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa balita yang dibesarkan bersama dengan hewan peliharaan memiliki resiko alergi kulit dan asma yang lebih rendah.

 

Kamu Akan Jadi Lebih Disiplin dan Bertanggung Jawab

Sebagai perempuan dewasa yang baik, kamu tentu harus disiplin dan bertanggung jawab merawat hewan peliharaanmu. Jangan sampai hewan peliharaanmu jadi terlantar dan akhirnya mati karena kamu lalai merawatnya. Jika kamu selalu merawat hewan peliharaanmu dengan baik, maka hal tersebut akan berubah menjadi kebiasaan positif. Kamu akan terbiasa untuk disiplin dan bertanggung jawab untuk hal-hal lainnya dalam hidupmu.

 

Kamu pasti akan semakin mantap memiliki hewan peliharaan setelah mengetahui manfaatnya, ya. Mari meningkatkan kualitas diri dengan cara yang menyenangkan, yaitu memiliki hewan peliharaan yang kamu sukai.

Komentar (0)

related article