11 Juli 2017
Bagikan :

“Belum makan namanya kalau belum menyantap nasi.”

Anggapan tersebut tentu sangat akrab bagi masyarakat Indonesia yang sebagian besar mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Padahal ada banyak sumber karbohidrat sehat lainnya yang tidak kalah lezat dari nasi. Jadi, bukan hanya nasi yang bisa menjadi andalan untuk memenuhi kebutuhan energi dan asupan karbohidrat.

Jika mulai bosan menyantap nasi, jangan ragu memilih aneka sumber karbohidrat alternatif berikut ini:

Singkong

Dalam setiap sajian 100 gr singkong, terdapat kurang lebih 121 kalori. Nilai kalori ini tidak terlalu besar dan mampu mendukung kebutuhan energi tubuhmu. Kandungan serat singkong yang tinggi dapat membantu meminimalkan resiko kolesterol dan gangguan jantung. Agar tidak mengandung lemak berlebihan, sebaiknya singkong diolah dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, atau dijadikan tepung tapioka.

 

Ubi Jalar

Sumber karbohidrat yang satu ini bercita rasa manis dan cocok diolah menjadi aneka hidangan lezat. Kamu bisa membuat pure ubi dengan tambahan lauk dan sayuran lainnya. Varietas ubi jalar pun beragam, mulai dari ubi putih hingga ubi ungu. Semuanya terasa mengenyangkan dan akan membantu memenuhi kebutuhan karbohidrat harian bagi tubuhmu.

 

Aneka Jenis Pasta

Para penggemar makanan khas Italia tentu tidak asing lagi dengan pasta, karena jenis makanan yang satu ini juga kaya kandungan karbohidrat. Lebih hebatnya lagi, indeks glikemik pasta yang lebih rendah dari nasi membuat resiko lonjakan kadar gula darah dapat diminimalkan. Ada banyak sekali jenis pasta yang bisa diolah sesuai selera. Jangan lupa memadukan pasta dengan aneka bahan makanan lain agar kandungan gizinya semakin lengkap.

 

Jagung

Kamu tidak akan bosan mengonsumsi jagung sebagai sumber karbohidrat, sebab ada banyak sekali olahan jagung khas Indonesia yang patut untuk dicoba. Bila sedang jenuh dengan jagung manis, cobalah membuat variasi makanan dari jagung tawar. Jagung adalah bahan makanan yang cocok dipadukan dengan cita rasa gurih maupun manis. Konsumsi jagung dengan porsi tepat akan membantu menjaga kestabilan berat badanmu.

Di antara keempat sumber karbohidrat tersebut, manakah yang paling kamu sukai?

Karena makan berat tidak selalu identik dengan nasi, kini kamu bebas berkreasi dengan sumber karbohidrat lain yang tidak kalah variatif. Selamat berkreasi!

Komentar (0)

related article