5 Makanan Khas Jakarta yang Jarang Diketahui Orang

Sebentar lagi Kota Jakarta akan berulang tahun. Tanggal 22 Juni senantiasa diperingati secara meriah oleh seluruh masyarakat Kota Jakarta. Berbagai pertunjukan kesenian dan pameran kuliner khas turut mewarnai serunya kemeriahan ulang tahun Jakarta.

Kamu pasti tidak ingin ketinggalan kesempatan untuk mencicipi berbagai kuliner menarik khas Betawi. Tetapi tahukah kamu kalau ternyata 5 makanan khas Jakarta ini jarang diketahui orang?

Sayur Babanci

Tidak banyak masyarakat Jakarta yang pernah mendengar atau mencicipi sayur babanci. Sayur berkuah santan ini mirip dengan sayur lodeh atau gulai. Namun perbedaannya terletak pada bahan isian dan bumbu-bumbu yang digunakan. Sayur babanci menggunakan bumbu dasar yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabai. Sementara bahan isiannya adalah daging sapi, kacang panjang, petai, serundeng, dan beberapa bahan lainnya.

 

Gabus Pucung

Para penyuka ikan air tawar pasti akan menyukai hidangan gabus pucung, karena hidangan yang satu ini terdiri dari ikan gabus dengan kuah yang terbuat dari pucung (bumbu dapur berwarna hitam). Jika dilihat sekilas, tampilan gabus pucung mirip dengan rawon daging khas Jawa Timur. Tetapi gabus pucung memiliki tekstur kuah yang lebih kental dan tidak menggunakan kluwak sebagai bahan dasar.

 

Bubur Ase

Tidak hanya bubur ayam yang rasanya sedap dan membuat orang ketagihan. Bubur ase yang kini sudah langka juga memiliki cita rasa istimewa. Bubur yang terbuat dari beras disajikan dengan kuah semur dengan tekstur encer, yang dilengkapi dengan potongan kentang, tahu, dan asinan. Sensasi rasa asinan yang bercampur dengan semur membuat bubur ase terasa unik bila dibandingkan dengan bubur lainnya.

 

Kue Sengkulun

Kue sengkulun terbuat dari bahan dasar berupa tepung ketan dan kelapa muda parut. Cita rasa kue ini gurih dan tampilannya cantik karena bisa dipadukan dengan aneka pewarna makanan. Sengkulun dimasak dengan cara dikukus selama 2 jam hingga hasilnya benar-benar matang dan legit.

 

Kembang Goyang

Camilan yang satu ini terbuat dari tepung terigu, telur, air, dan sedikit gula. Bentuk cetakan kembang goyang ini unik dan harus digoyang-goyangkan agar adonannya terlepas dari cetakan. Kembang goyang juga kerap diberi tambahan wijen agar aromanya lebih sedap. Menikmati waktu santai sembari menyantap kembang goyang ditemani secangkir kopi tentu sangat menyenangkan.

 

Jangan mengaku cinta Jakarta kalau belum pernah mencicipi kelima makanan khas tersebut ya, ladies. Semoga kekayaan kuliner khas Jakarta dan daerah-daerah lainnya di Indonesia tidak tergerus oleh perkembangan zaman yang serba modern.

More like this

26 Juli 2017 Aneka Hidangan Khas Rusia yang Menggugah Selera

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa makanan khas Rusia memiliki cita rasa yang tidak kalah [...]

16 Juli 2017 Resep Minuman Praktis yang Akan Membuat Tubuhmu Selalu Langsing

Tubuh langsing dan memesona tentu jadi impian semua perempuan. Sayangnya, tidak semua perempuan bisa konsisten [...]

05 Juli 2017 Mengintip Rahasia Kecantikan Para Ratu Thailand

Takjub sekali rasanya melihat pesona kecantikan para ratu di dunia. Tiap ratu pasti memiliki kiat [...]