23 April 2017
Bagikan :

Sudah bukan rahasia lagi bila kini perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan lelaki untuk hal pekerjaan. Menggapai karier cemerlang memang tidak hanya monopoli kaum adam saja. Perempuan cerdas yang berdedikasi terhadap pekerjaan juga punya peluang besar dalam bidang pekerjaan.

Bahkan kini tidak sedikit perempuan yang workaholic demi menggapai jenjang karier yang diimpikan. Dear ladies, mencintai pekerjaan itu bagus. Tetapi sebaiknya kamu tidak menjadi pribadi yang workaholic karena hal tersebut bisa berdampak buruk pada tubuh dan pikiranmu. Mau tahu apa saja dampak perilaku workaholic yang dapat merugikanmu di kemudian hari?

Produktivitas Justru Menurun

Menurut penelitian tentang jam kerja, ternyata bekerja lebih dari 40 jam per minggu justru berisiko menurunkan tingkat produktivitas, karena otak mengalami kelemahan akibat digunakan secara berlebihan. Para peneliti menyarankan waktu kerja maksimal 25 jam per minggu untuk memaksimalkan kinerja dan kesehatan otak. Itulah sebabnya banyak negara di Eropa yang menerapkan waktu kerja hanya 5 hingga 6 jam setiap harinya.

 

Tubuh Pun Akan Mengalami Gangguan Kesehatan

Pada umumnya bekerja berjam-jam tentu akan membuatmu duduk berlama-lama sembari menatap layar laptop. Kamu cenderung mudah lupa untuk memaksimalkan aktivitas fisik. Bila hal ini dibiarkan terus menerus, sudah pasti kamu rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan, seperti obesitas, gangguan fungsi ginjal, dan radang sendi. Tubuhmu butuh aktivitas fisik yang mencukupi supaya tetap sehat setiap saat.

 

Resiko Kurang Tidur Akan Meningkat

Kurang tidur juga menjadi biang keladi yang mengganggu kesehatanmu, sebab kondisi kurang tidur dapat membuatmu kesulitan mengendalikan nafsu makan, stres, sakit kepala, dan mudah lelah. Jika sudah kurang tidur, tentu saja perilaku workaholic-mu tidak ada gunanya, sebab kamu tidak bisa memaksimalkan ide dan produktivitasmu bila kamu merasa lelah.

 

Kamu Lupa Caranya Menikmati Hidup

Mengejar karier memang penting, ladies. Tetapi jangan sampai hal tersebut membuatmu jadi lupa menikmati hidup. Kamu harus tetap meluangkan waktu untuk diri sendiri dan orang-orang terdekat. Jadi cobalah untuk bersantai bersama keluarga dan para sahabatmu, sehingga kamu tetap bisa merasa rileks meskipun dibebani oleh setumpuk pekerjaan.

Baca Juga: Manfaat Me-Time

 

Perempuan hebat pasti bisa menyeimbangkan antara karier dan kehidupan pribadi. Jangan menjadi workaholic yang mengorbankan diri sendiri maupun orang-orang di sekitarmu, ya. Karena semua hal dalam hidupmu harus ada porsinya.

Komentar (0)

related article