20 April 2017
Bagikan :

Perempuan modern yang cerdas bukan hanya perempuan yang pandai makeup. Lebih dari itu, menjaga kesehatan tentu jauh lebih penting, karena kesehatan akan memancarkan kecantikan alami dari dalam diri setiap perempuan.

Sayangnya, kanker kini menjadi salah satu penyakit yang mengintai kesehatan dan keselamatan jiwa perempuan modern. Tercatat bahwa setidaknya 5 jenis kanker berikut ini rentan menyerang perempuan :

Kanker Rahim

Kanker rahim memang merupakan kanker ganas yang rentan mengakibatkan kematian. Jika tidak dideteksi sejak awal, kanker rahim stadium lanjut bisa menimbulkan gejala berupa benjolan dan rasa sakit yang hebat. Bagian rahim yang terserang kanker ternyata beragam, mulai dari leher rahim, bagian dalam rahim, dan saluran rahim.

 

Kanker Payudara

Satu dari delapan orang perempuan berisiko mengidap penyakit kanker payudara. Untungnya, kini kanker payudara bisa disembuhkan jika dideteksi sedini mungkin. Untuk meminimalkan risiko kanker payudara, sebaiknya kamu rutin melakukan tes mammogram reguler. Di samping itu, pola hidup sehat yang bebas rokok, mengonsumsi makanan bergizi, dan menjaga kestabilan berat badan juga bisa membuatmu terhindar dari kanker payudara.

Baca juga: Kebiasaan yang Membuat Payudara Kendur

 

Kanker Ovarium (Indung Telur)

Hampir sama seperti kanker rahim, gejala kanker ovarium juga sering kali tidak disadari oleh kaum perempuan, sebab beberapa gejalanya hampir mirip dengan gangguan pencernaan, misalnya rasa mual, sakit pada perut bagian bawah, nafsu makan menurun, kembung, dan muntah.

 

Kanker Tiroid

Jumlah pengidap kanker tiroid rupanya mengalami peningkatan sebanyak 2 kali lipat dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Perlu tingkatkan kewaspadaan terhadap jenis kanker. Kondisi kanker tiroid stadium lanjut sebaiknya segera diatasi dengan pengangkatan kelenjar tiroid. Selanjutnya, pengidap kanker tiroid juga wajib melakukan terapi hormon untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh.

 

Kanker Usus Besar

Kaum lelaki dan perempuan memiliki risiko yang sama untuk urusan kanker usus besar. Namun jenis kanker yang satu ini bisa dicegah dengan cara yang cukup mudah. Pemeriksaan usus besar (dikenal dengan istilah kolonoskopi) harus dilakukan sejak usia 50 tahun dan diulangi setiap 10 tahun sekali, sehingga munculnya polip pada usus besar bisa segera didiagnosis sebelum membahayakan kesehatan.

 

Mulai sekarang, kamu harus lebih peduli terhadap kesehatan dirimu sendiri ya, ladies. Jangan sampai kesehatan dan kebahagiaanmu terenggut oleh penyakit kanker. Jadilah perempuan cerdas yang mengutamakan pola hidup sehat sebagai kebiasaan.

Komentar (0)

related article