22 Februari 2016
Bagikan :

Penyebab jerawat masing-masing orang memang berbeda, bisa dari faktor genetis, hormone, skincare dan masih banyak lagi. Tetapi jerawat terbentuk saat minyak wajah dan sel kulit mati terperangkap di pori-pori kulit yang lalu meradang. Tapi ada beberapa kebiasaan yang harus dilakukan untuk mengatasi jerawat. Apapun penyebab jerawat kamu, melakukan lima kebiasaan ini bisa mencegah jerawat makin merajalela:

1. Jangan sentuh wajah
Hindari menyentuh atau menggaruk wajah ya, Ladies. Tangan kita banyak terkena kotoran dan bakteri dari benda-benda lain yang kita sentuh. Kalau kotor atau gatal, lebih baik menggunakan tisu untuk menyeka wajah dan harus sudah cuci tangan terlebih dahulu. Hal ini bisa mengurangi infeksi bakteri yang lebih parah di kulit wajah kita.

2. Mengganti sarung batal dengan rutin
Apakah kamu tahu bahwa sarung bantal adalah salah satu pemicu jerawat? Kulit kita beregenerasi tiap malam dengan cara melepas kulit mati. Kita memang tidak bisa melihatnya dengan kasat mata, tetapi sarung bantal kita penuh dengan kulit mati yang bercampur minyak dari wajah dan gesekan rambut yang kotor. Belum lagi tambahan air liur atau air mata saat kita menangis. Bisa bayangin kan kotornya sarung bantal kita? Oleh karena itu, gantilah sarung bantal secara rutin untuk meminimalisir resiko munculnya jerawat.

3. Jangan sering ganti kosmetik
Kebanyakan wanita senang mencoba kosmetik dengan merk dan fungsi tertentu tanpa memperhatikan sensitivitas kulit. Kecuali memang tidak cocok, jangan sering mengganti merk kosmetik kamu. 

4. Makanan anti jerawat
Slogan “you are what you eat” adalah kata-kata yang tepat untuk kulit kamu, Ladies. Konsumsilah makanan anti jerawat seperti papaya, pare dan tape. Akan lebih baik bila diimbangi dengan buah dan sayuran. Minum banyak air putih juga mempengaruhi karena mampu membersihkan darah dan racun di dalam tubuh.

5. Double cleansing
Mencuci wajah dengan dua langkah adalah cara yang tepat dalam mencegah jerawat. Gunakan susu pembersih untuk membersihkan sisa make up, melembabkan kulit dan memberi nutrisi. Setelah itu gunakan toner untuk membersihkan pori kulit dari debu dan kotoran. Setelahnya gunakan foam agar muka kamu mendapatkan bersih yang maksimal.

Tidak ada salahnya kamu mencoba tips-tips di atas untuk mendapatkan wajah bersih bebas dari jerawat. Jangan lupa, kulit yang bersih bisa di dapat jika kamu rutin dan selalu menjaga kebersihan. Good luck, Ladies! (NP/ES)

Komentar (0)

related article