10 Februari 2016
Bagikan :

Nyaris semua wanita menyukai belanja. Mal-mal selalu ramai dengan wanita entah untuk jalan-jalan memanjakan mata atau juga mencari barang yang dibutuhkan. Keinginan untuk belanja pun muncul, terlebih lagi setelah gajian. Tanpa disadari dompet jadi menipis padahal masih awal bulan. Tapi tenang, ada kok cara membuat kamu tetap bisa berbelanja tapi juga menghemat budget :

1. Buatlah list kebutuhan yang harus bayar di muka
Penyebab seorang wanita kalap belanja adalah efek psikologis merasa memiliki uang yang banyak dan menjadi “orang kaya” pasca gajian. Akhirnya kamu jadi membeli berbagai macam barang yang tidak penting. Untuk menghindari hal itu terjadi, setelah gajian pisahkan sejumlah uang untuk kebutuhan rutin. Baru sisanya bisa kamu pakai untuk berbelanja. 

2. Tunggu momen diskon
Sudah menjadi rahasia umum jika wanita selalu menunggu diskon. Umumnya event diskon sering digelar di hari raya seperti lebaran, natal atau Valentine. Oleh karena itu, bersabarlah menunggu diskon untuk mendapatkan barang yang kamu inginkan namun dengan harga yang lebih murah. 

3. Apakah worth it?
Dalam membeli suatu barang yang kamu beli adalah barangnya dan bukan merknya. Tidak semua barang dilihat dari merknya. Banyak juga produk buatan lokal dengan kualitas baik. Membeli sebuah barang hanya karena merknya, padahal ada produk lokal yang lebih murah, adalah pemborosan. Tidak jarang sebuah produk menjadi mahal hanya karena merknya saja. 

4. Beli hanya karena butuh
Umumnya wanita selalu membeli hanya karena tertarik dan bukan karena sedang butuh. Dengan embel-embel “siapa tahu nanti butuh”, wanita pun lalu membeli segalanya yang diinginkan. Perilaku seperti itu harus dihentikan, dalam membeli apapun kita harus bijak. Sebelum membeli barang renungkan apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan kedepannya.

5. Berbelanja hanya di hari Senin-Kamis
Weekend hari yang ramai pengunjung, sehingga banyak pramuniaga yang akan bersikap jauh lebih ramah dan membujuk untuk membeli barangnya. Di hari biasa label SALE juga tetap ada, namun biasanya pramuniaga tidak akan terlalu peduli karena pengunjung yang datang sangat sedikit. Dengan begini, kamu jadi tidak terbujuk dengan hal-hal yang tidak kamu butuhkan. 

Nah ladies, sekarang kalian tetap bisa berbelanja namun tidak membuat kantong bolong di akhir bulan. Belanjalah dengan bijak dan usahakan jangan lapar mata agar tidak menyesal nantinya. (NP/ES)

Komentar (0)

related article