Hal-Hal Kecil Ini Ternyata Bisa Menambah Pahala Puasamu

Semua orang tentu ingin mengumpulkan banyak pahala di bulan puasa. Sebab bulan Ramadan yang suci ini memang merupakan waktu yang tepat untuk memperbaiki diri. Sayangnya, kita masih sering terbawa emosi dan tergerak untuk melakukan sesuatu yang kurang baik.

Mulai sekarang, kita bisa membiasakan diri untuk melakukan hal-hal baik secara sederhana. Bahkan beberapa hal kecil ini bisa menambah pahala ketika dilakukan di bulan puasa lo.

Mengurangi Penggunaan Smartphone
Ini nih saat yang tepat untuk mulai membatasi penggunaan smartphone. Tak jarang penggunaan smartphone di bulan puasa justru bikin kamu mudah tersulut emosi, asyik bergosip, atau merasa iri dengan orang lain. So, pastikan kamu hanya menggunakan smartphone untuk berkomunikasi atau mencari informasi yang penting. Jangan sampai hal-hal sepele di smartphone mengurangi kekhusyukan ibadah puasamu.

Mengaji Setelah Beribadah
Kalau kamu sudah tidak mempunyai aktivitas mendesak di malam hari, alangkah baiknya jika kamu memutuskan untuk mengaji setelah salat. Daripada asyik bergosip atau menonton TV, mengaji pasti jauh lebih bermanfaat. Hatimu akan terasa lebih tenang dan tak mudah tersulut emosi, kemampuan berbahasa Arab pun akan semakin baik.

Menjalin Silaturahmi dengan Cara yang Menyenangkan
Coba kamu ingat-ingat lagi. Kapan terakhir kali kamu berkumpul dengan teman sekolah atau teman kuliahmu. Bila sudah lama tidak bertemu, mungkin bulan puasa ini jadi momen yang tepat untuk menyambung kembali tali silaturahmi. Adakanlah acara buka puasa bersama dan ajak semua teman-teman lamamu. Siapa tahu jalinan tali silaturahmi ini mendekatkanmu dengan rezeki atau calon jodoh.

Alihkan Perhatianmu Ketika Merasa Emosi
Sebagai manusia biasa, wajar saja bila kamu sering kesulitan menahan emosi ketika ada sesuatu yang menyebalkan. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencoba mengalihkan perhatian. Misalnya, ketika merasa kesal dengan rekan kerja, cobalah untuk lebih fokus pada pekerjaanmu. Dengan demikian, kamu akan terbiasa untuk melampiaskan emosi pada hal-hal yang bersifat positif.

Bila kamu berhasil melakukan keempat hal ini ketika menjalani ibadah puasa, tentu hatimu akan menjadi lebih tenang dan bahagia. Pahala puasamu pun akan bertambah dan membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

More like this

24 Oktober 2016 Trik Ampuh Menyamarkan Bekas Luka Membandel di Kulit

Kulit mulus nan cerah menjadi dambaan setiap perempuan. Sayangnya, tidak semua perempuan bisa memiliki kulit [...]

13 Oktober 2016 Tips Mengatasi Kulit Telapak Tangan yang Kasar dan Pecah-Pecah

Tangan yang kering sering dianggap sepele. Padahal gangguan kesehatan kulit yang satu ini juga membuat [...]

07 Oktober 2016 Hindari Kesalahan Ini Saat Mengenakan Pakaian Dalam

Penggunaan pakaian dalam kerap disepelekan oleh banyak orang. Karena orang-orang menganggap bahwa pakaian dalam tidak [...]