Cerdas Atur Pengeluaran THR Lebaran

Wah, rasanya sangat senang ya kalau jatah THR (Tunjangan Hari Raya) dari kantor sudah keluar. Pundi-pundi tabunganmu jadi tampak banyak, deh. Tetapi jangan sampai kamu jadi kalap dengan THR tersebut, ya. Kamu mesti cerdas mengatur pengeluaran THR agar tabunganmu tidak terkuras habis usai lebaran.

Sering kehabisan tabungan usai lebaran di tahun-tahun lalu? Tahun ini kamu tak akan mengalaminya lagi jika kamu mempraktikkan cara cerdas ini lo.

THR Lebaran Bukan untuk Kebutuhan Bulanan
Kebutuhan bulanan harus dipenuhi dengan gaji bulananmu. So, kamu tidak boleh menganggap bahwa uang THR tersebut bisa kamu gunakan untuk bersenang-senang, ya. Bukan waktunya belanja banyak barang yang tidak kamu butuhkan. Sebab uang THR harus digunakan untuk memenuhi kebutuhan tahunan menjelang hari lebaran.

Jangan Lupa Membuat Rencana Anggaran Tahunan
Segala kebutuhan yang patut dipenuhi ketika bulan Ramadan dan lebaran harus dimasukkan ke dalam rencana anggaran tahunan. Sehingga kamu bisa mempertimbangkan kebutuhan tersebut dengan cermat. Jika rencana anggaran tahunan sudah disiapkan sejak jauh hari, kamu menjadi lebih leluasa untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Coba bayangkan bila kamu harus mengeluarkan banyak uang untuk kebutuhan membludak yang belum diperhitungkan. Sudah pasti kamu merasa keberatan untuk merogoh kocekmu, ya.

Kamu Boleh Bayar Utang dengan Uang THR
Kamu mungkin merasa bahwa jatah “bersenang-senang” jadi berkurang bila menggunakan THR untuk bayar utang. Tetapi rasa kecewa itu akan terbayar lunas karena nantinya kebutuhan bulananmu jadi berkurang. Kamu bisa bernapas lebih lega bila utang-utangmu yang harus dicicil berhasil dibayar lunas menjelang hari lebaran. Kedengarannya sungguh menyenangkan, bukan?

Menyisihkan untuk Tunjangan Bawahanmu
Jangan senang dulu kalau sudah mendapatkan THR dengan jumlah yang terbilang fantastis. Sebab bawahanmu seperti asisten rumah tangga, sopir, dan baby sitter juga membutuhkannya. Kamu harus pandai menyisihkan THR untuk memberikan tunjangan bagi bawahanmu, ya. Selain itu, orang-orang di sekitarmu seperti petugas kebersihan lingkungan rumah dan petugas keamanan juga berhak mendapat jatah THR darimu lo. Tak ada ruginya berbagi rezeki dan kebahagiaan dengan orang-orang di sekitarmu setiap tahunnya.

Bersenang-senang dengan THR di rekeningmu tentu sah-sah saja. Tetapi jangan sampai kamu lalai memenuhi kebutuhan menjelang lebaran, ya. Pastikan kalau uang THR-mu cukup bahkan berlebih setelah merayakan hari lebaran.
 

More like this

24 Juni 2017 Yuk Rayakan Lebaran dengan Makeup yang Tahan Seharian

Persiapan apa saja yang sudah kamu lakukan untuk menyambut Lebaran tahun ini, ladies? Baju baru dan [...]

09 Juni 2017 Inspirasi Makeup Memesona dan Anti Luntur di Hari Lebaran

Semua orang pasti fokus pada pakaian baru untuk dikenakan di hari Lebaran. Tetapi jangan lupa [...]

07 Juni 2017 Tampil Cantik di Hari Lebaran Meski Tanpa Baju Baru

Tradisi baju baru di hari Lebaran memang sudah melekat dengan masyarakat Indonesia. Apakah kamu juga [...]