Dapatkan 4 Manfaat Sehat Ini Jika Rajin Membaca Buku

Masih seringkah kamu membaca buku, ladies?

Kegiatan membaca buku saat ini mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Maklum saja, keberadaan internet, media sosial, dan aplikasi canggih lainnya memang terasa lebih menarik. Sehingga kaum generasi muda cenderung lebih suka berlama-lama menggunakan smartphone daripada harus membaca buku.

Padahal membaca buku memberikan banyak manfaat untuk kesehatanmu lho. Yuk dapatkan 4 manfaat sehat berikut ini dari membaca buku :

Meringankan Tingkat Stres
Menurut informasi yang dilansir dari Majalah Weight Watchers, membaca buku bisa mengurangi produksi hormon kortisol. Hormon tersebut merupakan salah satu pemicu timbulnya stres. Sebuah penelitian di Inggris sempat mengumpulkan responden untuk menguji manfaat membaca bagi penurunan stres. Hasilnya, kelompok yang membaca buku memiliki tingkat stres 67% lebih rendah daripada kelompok yang meredakan stres dengan cara bermain game atau mendengarkan musik.

Menambah Perbendaharaan Kata
Bukan hanya anak sekolah saja yang harus membaca buku. Jika perbendaharaan kata yang kamu miliki terus bertambah, tentu hal ini memberikan pengaruh baik bagi otakmu. Tingkat konsentrasi dan keremajaan otakmu akan terjaga dengan baik. Sehingga penurunan kognitif seiring dengan bertambahnya usia pun bisa diminimalkan. Kamu tak mudah pikun dan terhindar dari risiko penyakit otak.

Membentuk Persepsi Hidup yang Baik
Membaca kisah-kisah yang memotivasi memang baik untuk meningkatkan semangat hidupmu. Kamu akan memiliki cara pandang yang luas dalam menghadapi setiap permasalahan. bahkan yang lebih hebatnya lagi, kamu akan memiliki persepsi hidup yang lebih baik dan terhindar dari sikap konvensional. Ilmu pengetahuanmu terus bertambah dan kamu pasti tidak ketinggalan zaman.

Mencegah Insomnia
Bagi kamu yang sering mengalami insomnia, ternyata membaca buku bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi gangguan tidur tersebut. Jika kamu punya kebiasaan membaca buku sebelum tidur, maka otak akan mengirimkan sinyal pada tubuh bahwa waktu tidur sudah tiba. Selanjutnya, kamu akan lebih mudah mengantuk dan tidur nyenyak. Waktu tidur yang cukup dan berkualitas membuat kamu bersemangat untuk bangun di pagi hari. So, kamu pasti terhindar dari bencana kesiangan.

Mulai sekarang, jangan biarkan rak bukumu tertimbun debu, ya. Mari lihat kembali koleksi buku-bukumu di rumah dan mulailah membaca koleksi buku yang belum sempat kamu sentuh selama ini. Selamat membaca!
 

More like this

23 Juni 2017 Cara Mencukur Bulu Ketiak Agar Bebas Iritasi

Mencukur bulu ketiak kini bukanlah hal aneh bagi kaum perempuan. Ketiak yang bersih dan bebas [...]

08 Juni 2017 Hati-Hati! Beberapa Penyakit Ini Kerap Timbul Saat Berpuasa

Memanen berkah dan pahala di bulan Ramadan memang menyenangkan. Tetapi kamu juga tidak boleh lupa [...]

03 Juni 2017 Tips Ampuh Menyembuhkan Flu Tanpa Minum Obat

Apa yang terbayang di benakmu saat mendengar kata “flu”, ladies? Flu memang kerap dianggap sebagai penyakit [...]