10 Juni 2016
Bagikan :

Betapa senang berjumpa kembali dengan hari Lebaran. Biasanya hari istimewa tersebut menjadi ajang untuk bersilaturahmi dan berkumpul bersama orang-orang terdekat. Jadi, tak mengherankan bila banyak orang rela merogoh kocek dalam-dalam demi perayaan Lebaran yang meriah setiap tahun.

Tak ada yang salah dengan perayaan Lebaran yang meriah. Namun sebaiknya kamu juga tidak lupa mempersiapkan tabungan dan berhemat agar tabunganmu tidak terkuras habis. Mau tahu cara mudah menabung untuk keperluan di hari lebaran?

Menyisihkan Tabungan Beberapa Bulan Sebelum Lebaran
Cermati kalender di HP atau rumahmu. Kamu harus tahu kapan hari Lebaran akan tiba sehingga kamu memiliki waktu yang cukup untuk menyisihkan uang tabungan. Tak ada salahnya jika kamu mulai menabung sejak 3 bulan sebelum bulan puasa tiba. Dengan demikian, kamu bisa menabung secara santai tanpa tergesa-gesa. Menyisihkan sisa uang jajan merupakan cara mudah menyimpan tabungan Lebaran.

Jangan Lupa Menyiapkan Biaya Tak Terduga
Biaya kebutuhan lebaran biasanya mencakup belanja baju baru, belanja bahan-bahan makanan, dan biaya mudik. Tetapi ternyata kebutuhan Lebaran bukan itu saja lho. Kamu juga wajib mempersiapkan biaya tak terduga untuk kebutuhan mendesak selama Lebaran. Jika dana simpananmu tidak terpakai ketika Lebaran, maka kamu bisa mengalihkannya ke tabungan.

Mulai Giat Berburu Diskon
Berburu diskon memang menyenangkan. Tetapi jangan sampai kamu kalap melihat aneka diskon dan justru gagal berhemat, ya. Buatlah daftar belanja terlebih dahulu supaya kamu tidak membeli benda-benda yang tidak dibutuhkan. Untuk urusan baju Lebaran, satu hingga dua helai baju baru sudah cukup untuk tampil mempesona di hari yang fitri. Selain berburu diskon di pusat perbelanjaan, kamu juga bisa mencari informasi diskon secara online supaya lebih hemat waktu dan tenaga.

Usahakan untuk Berbuka Puasa dan Sahur di Rumah
Berbuka puasa atau sahur di luar rumah tentu menyenangkan. Pilihan hidangannya beragam dan menggugah seleramu. Sayangnya, terlalu sering berbuka puasa atau sahur di luar rumah pasti membuat pengeluaranmu membludak. Sebab harga makanan dan minuman di restoran atau food court terbilang cukup mahal. Kalau kamu berniat untuk menyisihkan tabungan, lebih baik simpanlah uangmu dan bersantap di rumah selama bulan puasa.

Meskipun keempat hal tersebut sangat sederhana, namun manfaatnya terhadap jumlah tabunganmu pasti sangat besar. So, jangan ragu untuk berhemat dari hal-hal kecil mulai dari sekarang.

Komentar (0)

related article