Jangan Lupa Mengonsumsi 5 Makanan Ini Saat Berbuka Puasa

Rasa lapar dan haus setelah seharian berpuasa langsung sirna ketika kamu mendengar adzan Maghrib. Meskipun dalam keadaan lapar dan haus, kamu tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman secara sembarangan, ya, karena tubuhmu butuh banyak nutrisi setelah berpuasa selama beberapa belas jam.

Jadi, kalau kamu ingin selalu sehat dan bersemangat saat berpuasa, jangan lupa mengonsumsi 5 makanan ini ketika berbuka :

Kurma
Jenis buah yang satu ini memang identik dengan bulan Ramadan. Mendapatkan buah kurma berkualitas di bulan puasa memang bukan hal yang sulit. Jangan lupa mengonsumsi kurma yang kaya fruktosa, vitamin A, B2, B12, dan aneka mineral. Kurma akan mengembalikan energi pada sel-sel otak, sel darah, dan sel-sel syaraf usai berpuasa seharian. Kalau bosan dengan buah kurma biasa, kamu juga bisa mencampurkannya pada puding atau cake untuk memberikan sensasi rasa yang lebih variatif.

Madu
Selain kurma, rupanya madu juga menjadi sumber energi yang baik untuk berbuka puasa. Kandungan gula pada madu terdiri dari glukosa dan fruktosa yang mudah diserap oleh tubuh. Beberapa saat setelah berbuka dengan aneka olahan madu, kamu akan segera merasa bersemangat dan berkonsentrasi kembali. Penggunaan madu bisa menggantikan gula untuk bahan dasar es buah atau jenis minuman lainnya.

Tomat
Rasa asam manis alami dari tomat membuat dahagamu segera hilang saat berbuka. Tomat bisa diolah menjadi es buah, salad, atau jus yang praktis dan super segar. Tak hanya praktis dan sedap, olahan dari buah tomat tentu memiliki kandungan vitamin C dan anti oksidan yang siap menjaga daya tahan tubuhmu di bulan Ramadan.

Wortel
Kalau kamu tidak suka jus wortel, kamu bisa mencampurnya dengan jenis buah-buahan lain seperti tomat dan apel. Wortel juga bisa divariasikan menjadi bahan dasar salad, sup, dan kue. Kandungan vitamin A dan serat pada wortel membuat kesehatan mata dan pencernaanmu senantiasa terjaga. Kamu pun terbebas dari risiko sembelit selama menjalani ibadah puasa.

Aneka Jenis Ikan
Sudah puas dengan aneka hidangan buka puasa yang segar, jangan lupakan menu berbahan dasar ikan sebagai hidangan utama. Baik ikan air tawar maupun ikan laut, keduanya mengandung protein, vitamin, serta omega 3 yang tubuhmu butuhkan. Energimu akan senantiasa pulih dan regenerasi sel-sel tubuh pun berlangsung lancar bila kamu rajin mengonsumsi aneka olahan ikan.

Kini ibadah puasa tak akan lagi membuatmu kehilangan semangat dan mudah sakit jika kamu mengonsumsi 5 jenis makanan tersebut. Jadi, jangan lupa siapkan bahan-bahan tersebut sebagai persediaan di dapur rumahmu.
 

More like this

20 Mei 2017 Puasa Ramadan di Rusia Mencapai 22 Jam, Bagaimana Agar Tetap Fit?

Benarkah waktu puasa Ramadan di Rusia bisa mencapai 22 jam? Tentu saja benar, ladies. Karena Rusia [...]

18 Mei 2017 Tampil Percaya Diri dan Memesona Tanpa Bau Mulut Saat Berpuasa

Sukacita menyambut bulan Ramadan memang selalu dirasakan setiap tahun. Bahkan tahun ini, kamu pasti bertekad [...]

24 Oktober 2016 Trik Ampuh Menyamarkan Bekas Luka Membandel di Kulit

Kulit mulus nan cerah menjadi dambaan setiap perempuan. Sayangnya, tidak semua perempuan bisa memiliki kulit [...]