Tetap Rajin Olahraga Selama Bulan Puasa? Siapa Takut!

Memasuki bulan puasa, biasanya orang mulai malas beraktivitas. Kondisi stamina yang agak melemah pun kerap menjadi penyebabnya. Faktanya, kondisi fisikmu akan tetap prima jika kamu mengonsumsi makanan bergizi dan tetap berolahraga selama berpuasa lho.

Kalau kamu bertekad untuk tetap rajin berolahraga selama bulan puasa, ada beberapa hal yang perlu kamu cermati. Niscaya staminamu akan tetap terjaga dan kamu tetap bersemangat menjalani ibadah puasa :

Jangan Lupa Melakukan Pemanasan
Kamu harus senantiasa melakukan pemanasan sebelum berolahraga, termasuk di masa  bulan puasa. Pemanasan akan membantu meregangkan otot-otot dan sendi tubuhmu sehingga gerakan-gerakan olahraga tidak menimbulkan risiko cidera. Gerakkan seluruh tubuhmu secara perlahan sehingga tubuhmu terasa lentur dan siap berolahraga.

Olahraga di Pagi Hari, Yuk!
Tidak ada pantangan untuk berolahraga di pagi hari saat berpuasa. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah intensitas olahraganya. Kamu bisa mengurangi waktu olahragamu agar tidak mudah kelelahan. Olahraga ringan selama 15 hingga 30 menit sudah cukup untuk mengembalikan semangatmu di pagi hari. Pilihan olahraganya pun sangat beragam, mulai dari jogging, jalan pagi, senam, dan bersepeda.

Jangan Lupa Mengajak Keluarga atau Sahabat
Berolahraga ketika orang-orang masih tidur di waktu subuh tentu terasa berat. Agar kamu lebih bersemangat, jangan lupa untuk mengajak keluarga atau sahabat saat berolahraga. Kamu jadi bisa berbincang-bincang saat berolahraga. Sehingga rasa lelah pun tidak terlalu membebanimu.

Melatih Otot Sembari Berpuasa
Latihan otot bukan hal yang diharamkan ketika beribadah puasa. Jenis latihan yang satu ini memang tergolong berat untuk fisikmu. Tetapi kamu bisa menyiasatinya dengan cara berolahraga sebelum berbuka puasa. Sisihkan 30 menit waktumu di sore hari sebelum berbuka puasa untuk aktivitas angkat beban. Dengan demikian, waktu berbuka pun akan tiba setelah kamu selesai berolahraga. Mudah bukan?

Hindari Minum Secara Berlebihan
Lelah berolahraga sebelum berbuka puasa, biasanya akan membuatmu jadi minum secara berlebihan di waktu berbuka. Padahal hal ini tidak baik dan bisa membuat sistem pencernaanmu terganggu. Solusinya, minumlah air secukupnya saat berbuka puasa. Konsumsi air bisa kamu tingkatkan lagi beberapa jam setelah berbuka.

Jika kamu bukan orang yang rutin berolahraga, maka kamu patut memulainya dengan aktivitas yang ringan. Supaya nantinya tubuhmu tidak kaget saat berolahraga di waktu berpuasa. Selamat berolahraga, ladies!
 

More like this

24 Juli 2017 Tips Diet Praktis dan Bebas Lapar Ala Michelle Obama

Siapa yang tidak kenal dengan Michelle Obama? Sosoknya tidak hanya populer karena menjadi istri sang [...]

30 Juni 2017 Variasi Aroma Parfum yang Cocok Digunakan pada Bulan Puasa

Bulan Ramadhan tentu membuat kita lebih sibuk dibandingkan hari-hari sebelumnya. Selain sibuk dengan rutinitas harian, [...]

28 Juni 2017 Kiat Menjaga Kesehatan Kulit Selama Berpuasa

Bulan Ramadhan memang menjadi momen terbaik untuk mengumpulkan berkah. Tetapi bukan berarti kamu jadi lalai [...]