Hati-Hati! Makanan Ini Bisa Mengganggu Pencernaan Ketika Berpuasa

Keinginan untuk mengonsumsi makanan lezat ketika berpuasa memang memuncak, karena kamu merasa lapar dan haus selama beberapa belas jam. Namun hal ini hendaknya tidak membuatmu jadi kalap ketika makan, ya. Sebab kamu justru bisa sakit karena mengonsumsi sembarang makanan sewaktu berpuasa.

Kamu harus ingat kalau 5 jenis makanan ini bisa mengganggu pencernaanmu jika dikonsumsi berlebihan di waktu puasa :

Makanan yang Porsinya Besar
Sistem pencernaanmu sudah beristirahat tanpa makanan dan minuman selama beberapa belas jam. Jadi, sudah pasti sistem pencernaanmu akan terkejut jika tiba-tiba kamu makan dalam porsi besar. Mulailah dengan porsi makanan yang kecil agar sistem pencernaanmu bisa beradaptasi dengan baik. Satu hingga dua jam setelah mengonsumsi porsi makanan kecil, kamu pun bisa mulai makan dengan porsi seperti biasa.

Aneka Makanan Pedas
Kondisi sistem pencernaan menjadi lebih sensitif saat kamu berpuasa. Mengonsumsi makanan pedas bisa melukai lapisan organ pencernaanmu. Gejala yang ditimbulkan dari luka tersebut bisa berupa rasa sakit perut dan produksi gas secara berlebihan. So, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas saat perutmu masih kosong, ya.

Variasi Makanan yang Digoreng
Siapa sih yang bisa menolak lezatnya aneka gorengan ketika berbuka puasa. Hidangan gorengan berupa tahu isi, bakwan, lumpia, pisang goreng, dan ubi goreng memang terasa sedap dan menggugah seleramu. Sayangnya, gorengan mengandung banyak lemak lho. Lemak yang berlebihan ini sulit dicerna oleh organ hati dan akan disimpan dalam bentuk cadangan lemak dalam tubuh. Selain berisiko menambah berat badan, gorengan juga dapat menghambat kinerja sistem pencernaan.

Beragam Makanan yang Rasanya Asam
Kenapa makanan asam juga bisa mengganggu sistem pencernaanmu?
Hal ini dikarenakan makanan asam membuat produksi asam lambungmu menjadi tidak stabil. Rasa yang terlalu asam berisiko melukai organ pencernaan, sama seperti makanan pedas. Alangkah lebih baik jika kamu membatasi konsumsi buah, makanan, dan minuman asam saat berbuka, sehingga kesehatan sistem pencernaanmu terjaga dengan baik. Kamu pasti tidak mau kan batal puasa hanya karena mengonsumsi makanan atau minuman yang asam.

Bila kamu berhasil menahan godaan dari keempat jenis makanan tersebut, niscaya kamu akan senantiasa sehat selama berpuasa. Saatnya mengatakan selamat tinggal kepada sistem pencernaan yang bermasalah sewaktu kamu berpuasa.
 

More like this

28 Juni 2017 Kiat Menjaga Kesehatan Kulit Selama Berpuasa

Bulan Ramadhan memang menjadi momen terbaik untuk mengumpulkan berkah. Tetapi bukan berarti kamu jadi lalai [...]

08 Juni 2017 Hati-Hati! Beberapa Penyakit Ini Kerap Timbul Saat Berpuasa

Memanen berkah dan pahala di bulan Ramadan memang menyenangkan. Tetapi kamu juga tidak boleh lupa [...]

05 Juni 2017 Menangkal Lapar Berlebihan Saat Puasa dengan 5 Makanan Ini

Bulan Ramadan adalah bulan berkah dan ibadah bagi umat Muslim. Menahan lapar dan dahaga sepanjang [...]