04 Juni 2016
Bagikan :

Sulit rasanya bangun tengah malam. Itulah sebabnya banyak orang kesulitan untuk melaksanakan sahur di bulan puasa. Tak jarang, sahur malah dilewatkan karena tidak sanggup menahan kantuk. Padahal makan di waktu sahur akan membuat kamu lebih kuat berpuasa.

Agar kamu lebih termotivasi bangun di waktu sahur, yuk siapkan dirimu untuk melakukan kiat-kiat mudah ini :

Memasang Beberapa Alarm HP
Saat ini alarm HP menjadi penolong bagi kamu yang sulit bangun. Nah, kamu bisa memanfaatkan alarm HP dan menyetelnya agar berbunyi di waktu sahur. Jangan hanya memasang satu alarm, ya. Sebaiknya kamu memasang minimal 3 alarm dengan jeda waktu masing-masing 10 menit. Supaya jika kamu tidak terbangun pada bunyi alarm pertama, kamu masih punya kesempatan untuk bangun beberapa menit lagi.

Tidurlah Lebih Awal
Tidur lebih awal sangat baik agar kamu tidak merasa mengantuk menjelang waktu sahur. Kalau biasanya kamu tidur pada jam 11 malam, maka kamu sebaiknya mencoba untuk tidur mulai pukul setengah sepuluh atau sepuluh malam. Dengan demikian, tubuhmu punya waktu yang cukup untuk melakukan regenerasi sel dan mengembalikan energimu setelah seharian beraktivitas.

Jangan Makan Terlalu Banyak Ketika Berbuka
Waktu berbuka puasa sering kali menjadi ajang “balas dendam” setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Ternyata hal seperti ini tidak baik bagi tubuhmu lho. Tubuh bisa merasa terkejut karena mendapat asupan makanan dan minuman secara tiba-tiba. Akibatnya, kamu pun jadi lebih mengantuk atau bahkan mengalami gangguan pencernaan. Jika kedua hal ini terjadi kepadamu, tentu saja kamu menjadi kesulitan untuk bangun dan makan di waktu sahur. Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan secukupnya saja ya ketika berbuka puasa.

Menyiapkan Menu Sahur Sejak Malam Hari
Rasa malas untuk bangun makin bertambah bila kamu belum menyiapkan menu sahur yang akan kamu santap. Tetapi kalau kamu sudah mempersiapkannya sejak malam hari, pasti kamu jadi lebih bersemangat untuk bangun dan menyantap hidangan tersebut. kamu hanya butuh waktu 10 hingga 15 menit saja untuk menghangatkan kembali menu sahur yang sudah kamu siapkan.

Yuk segera mencoba keempat kiat tersebut untuk pengalaman sahur yang lebih menyenangkan di tahun ini. Tak akan ada lagi rasa malas berlebihan di waktu sahur kalau kamu sudah lihai menyiasatinya. Selamat mencoba!
 

Komentar (0)

related article