13 Mei 2016
Bagikan :

Di era sekarang ini mencari pekerjaan bukanlah hal mudah, walaupun lowongan pekerjaan bertebaran disitus-situs online khusus penyedia info-info lowongan kerja tapi tetap saja kita bersaing dengan puluhan bahkan sampai ratusan ribu pelamar. Entah bersaing dengan fresh graduated atau orang-orang yang sudah berpengalaman kerja, pada saat mendapat kesempatan wawancara tentulah menyenangkan dan berharap kita lolos seleksi wawancara tersebut ya? 

Nah sebelum wawancara kerja, biasanya kita menyiapkan dokumen, baju yang akan dikenakan serta berlatih apa yang akan kamu ungkapkan ketika wawancara nanti. Tahu gak Ladies? Ternyata ada beberapa sikap tidak profesional yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat wawancara kerja. Berikut ulasannya:

Hindari Sikap Terlalu Percaya Diri
Punya rasa percaya diri itu memang penting apalagi untuk wawancara kerja, ingat kan Ladies sesuatu yang berlebihan itu tidak baik? Ya begitpun dnegan sikap percaya diri kalau berlebihan itu malah memancing hal yang tidak baik untuk dirimu sendiri, mungkin kamu akan dikira sombong atau menyebalkan bagi pewawancara.

Bersikap Pesimis
Perusahaan menyukai orang-orang yang optimis dan visioner, hindari bersikap pesimis saat diwawancara.  Sikap tersebut akan membuat pewawancara ragu dan menuntun kamu pada kegagalan, tunjukkan kalau Ladies masih memiliki potensi dan kemampuan yang meyakinkan mereka untuk merekrut kamu sebagai karyawan disana.

Terlalu Sering Bertanya
Bertanyalah saat pewawancara selesai bicara dan saat memberi kesempatan kamu untuk bertanya. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk bertanya hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan saja, apalagi hal-hal yang bersifat pribadi. 

Diam, Tidak Bertanya Sama Sekali
Diam tidak bertanya sama sekali juga bukan menjadi solusi dan membuat kamu lolos seleksi wawancara Ladies, tanyakan hal-hal yang berkaitan dengan posisi yang dilamar. Persiapkan sekitar 3-5 pertanyaan, saat pewawancara memberi kesempatan untuk bertanya. Kalau hanya terdiam itu menunjukkan seperti niat tak niat untuk bergabung diperusahaan tersebut.

Bersikap Tidak Sopan
Berbicara tidak jelas, kontak mata yang kurang baik, duduk seenaknya apalagi sambil tumpang kaki dan lain-lain tentu menjadi hal fatal saat wawancara. Sesantai apapun perusahaannya, mereka tetap membutuhkan karyawan yang disiplin dan sopan. Usahakan untuk selalu menunjukkan sikap yang baik dan sopan saat wawancara berlangsung. 

Wawancara kerja menjadi penentu kamu diterima atau tidaknya disebuah perusahaan, bersikaplah profesional sehingga kamu layak dipertimbangkan untuk gabung diperusahaan tersebut. Jangan lakukan sikap-sikap diatas saat wawancara kerja ya Ladies. Good Luck! 

Komentar (0)

related article