11 Mei 2016
Bagikan :

Ketika kita sudah bekerja dan berpenghasilan senang rasanya bisa membeli apapun yan diinginkan, tanpa harus merengek atau merayu orang tua lagi saat naksir barang-barang lucu di mall. Tapi sadar gak sih Ladies? Penghasilan sebesar apapun itu tidak akan terasa puas jika mengikuti nafsu untuk membeli atau makan mahal terus diluar kemudian akhir bulan gigit jari karena uangnya sudah habis.

Tentunya itu bukan kebiasaan yang baik, kita mulai kelola uang dengan cerdas untuk masa depan yan baik mulai dari sekarang. Caranya mudah saja kok, cukup ikuti lima hal berikut ini agar keuanganmu tersimpan dengan baik dan bisa mengontrol keuangan.

1. Rajin Menabung Setiap Bulan
Mulai sisihkan penghasilanmu untuk menabung, supaya kamu nyaman dengan siapnya uang cadangan yang rutin disimpan setiap bulannya. Usahakan untuk menyisihkan 10%-30% dari total penghasilan yang didapat setiap bulan, kalau gajimu memang besar bisa tambahkan persentasenya lebih besar lagi. Semakin besar menabung, maka semakin banyak kan uang yang bisa disimpan untuk bekal masa depan.

2. Bisa Berbelanja Dengan Cerdas
Perempuan dan belanja itu erat sekali hubungannya ya Ladies? Hampir semua perempuan suka sekali belanja apalagi kalau sedang diskon. Sulit sekali rasanya untuk rem nafsu belanja yang tinggi, seringkali hal lain jadi terlupakan. Hindari masalah tersebut dengan membuat skala prioritas, misalnya kamu hanya berbelanja sesuai kebutuhan dan budget yang dicatat saja. Jika disiplin, kamu bisa nabung banyak sehingga ada cukup dana untuk investasi.

3. Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan Secara Rutin
Rasanya kuno mencatat pengeluaran dan pemasukan, tapi cara ini efektif lho untuk mengatur keuangan Ladies. Metodenya juga sederhana, dengan melakukan pencatatan maka kita tahu uang dipakai untuk apa saja secara detail dan perhitungannya dalam jangka waktu tertentu. Namun, jangan hanya mencatat saja, tapi pengeluaran masih sering dihambur-hamburkan dan tidak disiplin menabung. Lakukan evaluasi dari catatan tersebut, untuk menjadi lebih baik dalam mengelola keuangan.

4. Tidak Suka Mengutang
Sadarkah kalau kita tidak bisa luput dari hutang? Ya walaupun bisa membayarnya dengan cicilan. Tetap saja namanya hutang, kredit rumah, kredit mobil dan lainnya. Apalagi jika hutangnya yang bersifat konsumtif dapat merugikan karena bunganya bisa sangat memberatkan, habislah uang kalau terus menerus dipakai untuk bayar hutang dan menjadikan hutang sebagai solusi untuk back up dana. Kendalikan hutang untuk membuat keuangan stabil bukan malah melilit dan membebani hidup kita.

5. Pandai Berinvestasi
Tak sedikit orang yang masih takut dan ragu untuk berinvestasi, merasa tak cukup uangnya atau takut malah rugi. Padahal investasi sekarang bisa dimulai dari Rp100.000 sampai miliaran lho, contohnya mungkin bisa mulai investasi di reksadana dengan nominal Rp100.000 saja. Jika tabunganmu sudah terkumpul banyak bisa mulai membeli emas, menabung di deposito, membeli saham, properti dll. 

Yuk Ladies mulai kebiasaan baik menabung dari sekarang untuk persiapan masa depan dan dana darurat saat dibutuhkan. Ikuti cara-cara cerdas diatas untuk memulai menabung dan mengelola keuanganmu dengan baik.
 

Komentar (0)

related article