23 April 2016
Bagikan :

Menjelang tamu bulanan datang, acapkali membuat perempuan menjadi lebih sensitive atau biasa disebut PMS. Hal-hal kecil bisa saja menjadi masalah besar saat PMS, perasaan yang tak menentu membuat cepat marah, sensitif dan badan terasa pegal-pegal. Memang bukan masalah besar sih, tapi biasanya yang merasakan dampaknya itu pasangan, keluarga atau orang-orang di sekitar kita yang merasa aneh dengan tingkah kita yang menyebalkan. Duh, kalau ini terjadi setiap menjelang menstruasi dan kebetulan kita harus berhadapan dengan orang-orang penting berkaitan dengan pekerjaan pasti merugikan juga. Harus berjaga-jaga nih Ladies supaya tidak mudah terbawa perasaan dan cepat emosi. Hormon yang tidak seimbang menjadi penyebab mood swings, agar hormon tetap seimbang bisa kok disiasati dengan tips-tips berikut ini, simak yuk ulasannya.

1. Lakukan Detoks
Makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh lho pada hormon saat pms. Ladies, hindari alkohol, caffeine, gula, makanan olahan dan makanan yang mengandung lemak tinggi, juga batasi asupan garam untuk membantu keseimbangan hormon. Konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dan rendah lemak seperti sayuran, buah-buahan, tempe, kacang-kacangan, dan kabohitrat kompleks (gandum, oat, havermut,) setiap 3-4 jam sekali pada siang hari. Hal ini akan membantu untuk menstabilkan gula darah, menghindari stress dan ketidakseimbangan hormon karena melewatkan makan.

2. Tingkatkan Asupan Vitamin
Pada saat menjelang PMS, konsumsi vitamin sebaiknya juga ditingkatkan Ladies. Karena ternyata asupan vitamin membantu meredakan nyeri payudara, mengurangi perubahan mood dan perut keram. Vitamin yang baik dikonsumsi saat menjelang PMS adalah vitamin B kompleks, vitamin D3, minyak ikan dan vitamin E.

3. Tidur Cukup dan Olahraga
Tidur tujuh sampai sembilan jam setiap malam dapat meningkatkan keseimbangan hormon dan mengurangi stress, pastikan tidur dalam keadaan gelap ya. Selain itu lakukan exercise 3-4 kali per minggu juga dapat mengurangi stress, ketegangan dan meningkatkan suasana hati yang baik. Lakukan latihan cukup 30 menit dalam sehari. Olahraga yang dilakukan bisa bermacam-macam seperti bersepeda, berjalan atau berlari yang dapat mengurangi sakit, ataupun proses relaksasi seperti yoga, meditasi dan latihan pernapasan agar hormon seimbang dan pikiran jadi lebih positif.

Nah Ladies, cukup lakukan tiga cara di atas saat menjelang PMS untuk menyeimbangkan mood, badan terasa enak dan selalu fit. Gak ada lagi deh alasan sedang pms yang membuat badan pegal-pegal serta cranky seharian.

Komentar (0)

related article